1293. Tradisi 4 Bulan Kehamilan

1293. BBG Al Ilmu – 307

Tanya :
Apakah tradisi 4 bulan ketika istri sedang hamil itu ada ? Apa saja Sunnah nya ketika istri sedang hamil ?

Jawab :
Ustadz Muhammad Wasitho, MA حفظه الله تعالى

Bismillah. Tidak ada amalan Khusus yang disyari’atkan dalam Islam ketika seorang Wanita Muslimah hamil.

Tradisi 4 bulan, 7 bulan dan semisalnya ketika seorang istri sedang hamil yang biasa dilakukan oleh sebagian kaum muslimin adalah bukan termasuk ajaran Islam. Maka kita wajib meninggalkannya karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai imam dan panutan kita yang terbaik dan paling sempurna tidak pernah melakukan tradisi seperti itu ketika istri beliau Khodijah radhiyallahu ‘anha hamil 4 bulan atau 7 bulan sebanyak 7 kali kehamilan.

Di dalam hadits yang shohih Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
وخير الهدي هدي محمد

“Dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Adapun amalan-amalan yang semestinya dikerjakan oleh wanita yang sedang hamil adalah sebagaimana amalan para wanita muslimah ketika hamil, yaitu:
» mengerjakan ibadah-ibadah wajib seperti sholat 5 waktu, memakai hijab syar’I ketika berada di luar rumah dan di hadapan selain mahromnya.

» Mentaati suami dalam kebaikan dan melayaninya dengan baik.

» Memperbanyak dzikirullah dan amalan-amalan sunnah seperti baca Al-Qur’an, tasbih, tahmid, takbir, istighfar, sholat sunnah, dsb.

» Bersyukur kepada Allah atas nikmat-Nya yang dianugerahkan kepadanya berupa kehamilan anak yang akan menjadi keturunannya yang sholih dan sholihah, in syaa Allah, yaitu dengan melaksanakan perintah-perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNya.

» Memperbanyak doa kepada Allah agar diberi kesehatan, kekuatan, kemudahan dan keselamatan selama hamil hingga proses melahirkan kandungannya.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan. Semoga mudah dipahami dan menjadi ilmu yang bermanfaat. Wallahu a’lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

⌣̊┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈⌣̊

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.