Hak Muslim Atas Muslim Yang Lain : 1. Berilah Salam…

Ustadz Firanda Andirja, MA, حفظه الله تعالى

Kitab Jami’

Bab 1 : Tentang Adab
Bab ini mencakup hadits hadits adab adab islam, yang seorang muslim hendaknya berhias dengan akhlak perangai perangai yang mulia tsb.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :
“Hak Seorang muslim atas muslim yang lain Ada 6,
jika engkau bertemu dengan dia maka berilah salam kepadanya
Jika dia memanggil /mengundangmu maka penuhilah
Jika dia minta nasihat kepada mu maka nasehatilah
Jika dia bersin kemudian mengucapkan “Alhamdulillah” maka jawablah “Yarhamukallah”
Jika dia sakit maka jenguklah dia
Jika dia meninggal maka ikutilah jenazahnya ” HR Imam Muslim dlm shahih nya.

Hak muslim atas muslim Ada 6, bilangan 6 ini bukanlah suatu batasan, artinya beliau shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan secara khusus namun bukan berarti tidak ada hak-hak yang lain, dalam kaidah ahli ilm” bilangan tidak ada mahfum mukholafahnya”. Maksud Hak disini adalah perkara yang hendaknya tidak ditinggalkan bisa wajib / mustahaq (yang ditekankan).

Hak 1, jika engkau bertemu dengan seorang muslim maka berilah salam kepadanya, karena amalan yg sangat mulia diantaranya adalah memberi salam
“kalian tidak akan masuk surga kecuali kalian beriman, kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai ”

Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang suatu perkara, jika kalian melakukannya maka kalian akan saling mencintai yaitu sekitar sebarkan lah salam diantara kalian”

Oleh karenanya amalan yang paling mulia kata beliau shallallahu alaihi wa sallam “memberikan makan kepada fakir miskin, beri salam kepada orang yang kau kenal & orang yang tidak kau kenal”. Bahkan disebutkan tanda tanda hari kiamat yaitu seorang hanya memberi salam kepada orang yang dikenal saja.

Salam merupakan amalan yang sangat indah, mendoakan orang muslim, dengan kita menyebarkan sallam maka akan timbul cinta diantara muslim, tentunya salam ini ada adabnya.

Shahabat Abdullah bin Salam radiallahuanhu
“tatkala Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam masuk Madinah pertama kali yang dia dengar kalimat dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam “wahai manusia Sebarkan lah diantara kalian”

Dari BIAS.

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.