Kamu Mau Yang Mana…?

Ahmad Zainuddin, حفظه الله تعالى

Semoga tulisan ini menjadi cambuk peringatan untuk jiwa ini yang sering lalai dalam ketaatan dan sering congkak dengan maksiat.

قَالَ إِبْرَاهِيمُ التَّيْمِيُّ : ” مَثَّلْتُ نَفْسِي فِي الْجَنَّةِ آكُلُ ثِمَارَهَا ، وَأَشْرَبُ مِنْ أَنْهَارِهَا ، وَأُعَانِقُ أَبْكَارَهَا ، ثُمَّ مَثَّلْتُ نَفْسِي فِي النَّارِ آكُلُ مِنْ زَقُّومِهَا ، وَأَشْرَبُ مِنْ صَدِيدِهَا ، وَأُعَالِجُ سَلاسِلَهَا وَأَغْلالَهَا ، فَقُلْتُ لِنَفْسِي : أَيْ نَفْسِي ، أَيُّ شَيْءٍ تُرِيدِينَ ؟ قَالَتْ : أُرِيدُ أَنْ أُرَدَّ إِلَى الدُّنْيَا ، فَأَعْمَلَ صَالِحًا ، قَالَ : قُلْتُ : فَأَنْتِ فِي الأُمْنِيَةِ ، فَاعْمَلِي ” .

Berkata Ibrahim At Taimy rahimahullah: “Aku mengumpamakan diriku sedang berada di dalam surga, aku memakan buah-buahannya, meminum dari air sungguh-sungainya, dan memeluk bidadari perawannya!”, kemudian aku mengumpamakan diriku sedang berada di dalam neraka, aku makan dari buah Zaqqumnya, dan aku meminum air nanahnya, berusaha melepaskan rantai-rantai besinya!”.

Lalu aku bertanya kepada diriku: “WAHAI DIRIKU, KAMU MAU YANG MANA?”

Diriku berkata: “Aku ingin dikembalikan ke dunia, agar bisa beramal Shalih.”

Maka aku menjawab: “KAMU DALAM ANGAN-ANGAN, MAKA BERAMALLAH!”.

Lihat kitab Muhasabatun Nafs, Karya Ibnu Abid Dunya.

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.