Allah Maha Pengampun….

Siapa diantara kita yang tidak pernah berbuat dosa?

Siapa diantara kita yang tidak pernah melakukan kesalahan?

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan.

Terkadang kita bertanya-tanya, akankah Allah mengampuni semua dosa dan  kesalahan kita?

Akankah Allah mengampuni dosa orang yang tidak pernah shalat?

Akankah Allah mengampuni dosa orang yang durhaka kepada orang tuanya?

Akankah Allah mengampuni dosa orang yang suka makan riba’?

Jawaban semua itu adalah Ya.

Ya. Allah akan mengampuni semua dosa kita, walaupun dosa itu sangatlah besar.

Wahai Saudarku, sungguh rahmat Allah sangatlah luas bagi orang yang bertaubat kepada-Nya, menangis dan mengharap apa yang ada disisi-Nya.

Allah Ta’ala berfirman:

قل يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Katakanlah (wahai Muhammad): ‘Wahai hamba-hambaKu yang telah melampaui batas terhadap diri mereka sendiri (dengan perbuatan-perbuatan maksiat), janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, karena sesungguhnya Allah mengampunkan segala dosa; sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun, lagi Maha Pengasih”. (QS. Az-Zumar:53)

Ini merupakan rahmat Allah ‘Azza wa Jalla .

Dan Allah juga berfirman:

وَهُوَ الَّذِي يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُو عَنِ السَّيِّئَاتِ وَيَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ

“Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan”.  (QS. Asy- Syura:25).

Ketahuilah wahai saudaraku.

Allah Ta’ala menyeru kepada hambahnya agar meminta ampun kepada-Nya.
Allah Ta’ala berfirman:

قَالَتْ رُسُلُهُمْ أَفِي اللَّهِ شَكٌّ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ يَدْعُوكُمْ لِيَغْفِرَ لَكُمْ مِنْ ذُنُوبِكُمْ

“Berkata rasul-rasul mereka: ‘Apakah ada keragu-raguan terhadap Allah, Pencipta langit dan bumi? Dia menyeru kamu untuk memberi ampunan kepadamu dari dosa-dosamu”.  (QS. Ibrahim: 10).

Allah ‘Azza wa Jalla juga berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun”.  (QS. Nuh:10).

So jangan putus asa, segeralah bertaubat dengan taubatan nasuha dan meminta ampunan-Nya, walaupun dosa itu sangatlah besar. Karena sesungguhnya Allah maha Pengampun dan maha Penyayang.

Fuad Hamzah Baraba’, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.