Wajahku Tidak CANTIK/Tidak GANTENG…

Bismillah, walhamdulillah dan wash shalatu wassalamu ‘ala rasulillah wa ‘ala alihi wa shahibi wassalam.

Saudaraku muslim…

Bagi yang mungkin belum diberikan wajah seganteng dan secantik artis…

Semoga tulisan di bawah ini dapat menjadi acuan untuk menghilangkan rasau GALAU KARENA BERWAJAH JELEK.

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah:

“Ketauhilah bahwa KEINDAHAN terbagi menjadi dua; LAHIR DAN BATIN.

KEINDAHAN BATIN ialah yang paling sangat dicintai, ia adalah keindahan ilmu, akal, kedermawanan dan sifat ‘iffah (kesucian) dan keberanian.

Dan keindahan batin inilah yang DIPERHITUNGKAN Allah Taala dari hamba-Nya, dan berada dalam kecintaan-Nya, dan keindahan batin inilah yang akan membaguskan penampilan lahir, meski ia tidak memiliki keindahan fisik.

Maka, akhirnya pemilik keindahan batin ini akan diberikan pakaian kebagusan, wibawa dan kecintaan sesuai dengan apa yang dipakai oleh JIWANYA dari sifat-sifat (yang mulia tersebut). Karena sesungguhnya seorang beriman akan diberikan wibawa dan rasa manis sesuai dengan keimanannya. Maka, barangsiapa yang melihatnya, pasti akan menghormatinya, dan siapa yang bergaul dengannya, pasti akan mencintainya. Dan perkara ini terlihat dengan mata kepala, ANDA AKAN MELIHAT SEORANG YANG SHALIH DAN BERBUAT KEBAIKAN, MEMPUNYAI AKHLAK YANG INDAH ADALAH MANUSIA YANG PALING MANIS RUPANYA , MESKI IA BERKULIT HITAM ATAU RUPANYA TIDAK BAGUS. APALAGI JIKA IA DIBERI ANUGERAH (DAPAT MENGERJAKAN) DARI SHALAT MALAM, MAKA HAL TERSEBUT AKAN MEMBERIKAN CAHAYA PADA WAJAH DAN MEMPERINDAHNYA.” Lihat kitab Rawdhatul Muhibbin, 221-223.

Wahai Saudaraku muslim…

Ketauhilah…

Amal shalih sangat berpengaruh pada wajah, begitu juga sebaliknya amal buruk berpengaruh pada wajah.

فكم ممن لم تكن صورته حسنة ، ولكن [ له ] من الأعمال الصالحة ما عظم به جماله وبهاؤه حتى ظهر ذلك على صورته .

ولهذا يظهر ذلك ظهورا بينا عند الإصرار على القبائح في آخر العمر عند قرب الموت

“Berapa banyak dari orang yang belum diberikan rupa yang indah, TETAPI IA MEMILIKI AMAL SHALIH YANG MENINGGIKAN KEINDAHANNYA DAN WIBAWANYA SEHINGGA HAL TERSEBUT TERLIHAT PADA RUPANYA. Oleh karenanya, hal itu akan terlihat dengan jelas tatkala seseorang terus menerus (tidak bertaubat atas dosa-dosa keburukan) di akhir umur saat dekat dengan kematian.” Lihat kitab Al Istiqamah1/364-366.

Saudaraku Muslim…

Jika penjelasan di atas masih membuatmu sedih, resah dan TIDAK TERIMA, maka perhatikanlah hadits mulia berikut, yang disampaikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada seseorang yang berkaki bentuk O (genu varum) atau X (genu valgum):

كُلُّ خَلْقِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ حَسَنٌ

Artinya: “Setiap ciptaan Allah Azza wa Jalla Indah”. HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kita SilSilah Al Ahadits Ash Shahihah, no. 1441.

Tetaplah bersyukur atas apapun pemberian Allah dan berusahalah menggapai KEINDAHAN BATIN.

Ahmad Zainuddin Al Banjary, Lc, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.