Makna QS Al Baqoroh – 44…

Allah ta’ala berfirman (yang artinya):

“Apakah kalian menyuruh manusia untuk berbuat baik sedang kalian melupakan diri kalian sendiri?!” [Al Baqarah:44].

Sebagian orang memahami ayat ini, bahwa apabila seseorang tidak melakukan kebaikan tertentu, maka jangan sampai dia mengajak orang lain untuk melakukannya, karena itu dicela oleh ayat ini.

Pemahaman seperti ini tidak tepat, dan menyebabkan lemahnya syiar “amar makruf nahi munkar”.

Pemahaman yang benar, bahwa ayat ini tidak dimaksudkan untuk mencela tindakan mereka mengajak kepada kebaikan di saat mereka meninggalkannya.

Tapi celaan itu tertuju pada tindakan mereka meninggalkan amal kebaikan yang mereka serukan saja.

Karena mengajak orang kepada kebaikan adalah perbuatan baik.. Dan kedua hal itu, baik *mengajak kepada kebaikan maupun melakukan kebaikan* adalah sama-sama kewajiban, bukan berarti apabila salah satunya ditinggalkan kemudian yang lainnya menjadi gugur.

[Lihat Tafsir Ibnu Katsir 1/82].

Oleh karena itu, tetaplah menghidupkan budaya amar makruf nahi munkar, walaupun kita belum mampu melakukan semuanya.. sambil berusaha memperbaiki diri semampu kita.

Dengan kita mengajak melakukan kebaikan, kita akan menjadi semangat melakukannya, dan akan malu meninggalkannya.. biidznillah, keadaan kita dan masyarakat sekitar kita akan semakin baik.

Silahkan dishare… Semoga bermanfaat.

Musyaffa’ Ad Dariny MA, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.