Awas! Jangan Sampai Kepalamu Berubah Jadi Kepala Keledai…

Masak kepala manusia bisa berubah menjadi kepala keledai ?
Sobat, jangan heran dulu, siapkan pikiran anda untuk menganalisa dan merenungkan baik baik hadits berikut yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

أما يخشى أحدكم إذا رفع رأسه قبل الإمام أن يجعل الله رأسه رأس حمار أو يجعل صورته صورة حمار

“Apakah engkau tidak measa kawatir ketika mengangkat kepalanya mendahului imam, bila Allah merubah kepalamu menjadi kepala keledai atau merubah wujudmu menjadi wujud keledai ?” (Bukhari)

Sobat, ada dua penjelasan ulama’ tentang hadits ini, dan keduanya bisa diterima, apalagi yang melakukan perubahan adalah Allah, tiada yang mustahl bagi-Nya.

Penafsiran pertama: hadits ini menggunakan gaya bahasa kiasan, alias orang yang tidak mengindahkan hukum sholat berjama’ah sehingga sesuka hatinya mendahului grakan imam, terbukti bodoh atau dungu bagaikan keledai. Dengan demikian, orang yang bersikap bodoh seperti ini diserupakan dengan keledai yang telah menjadi simbol kebodohan dan kedunguan. Rupa sih manusia, tapi perilaku dan cara berpikirnya kayak keledai.

Penafsiran kedua: sangat dimungkinkan orang tersebut bila sering dan dengan tanpa perasaan dosa terus menerus melakukan perbuatan dungu ini, yaitu mendahului gerakan imamnya, suatu saat benar-benar dirubah wujudnya atau rupanya menjadi rupa keledai. Tidak ada yang mustahil bagi Allah, walaupun hadits ini berupa peringatan atau ancaman, dan ancaman tidak harus selalu terjadi, bisa jadi terjadinya kelak di akhir zaman.

Akan tetapi, penafsiran pertama telah terbukti nyata, betapa banyak orang yang tidak tahu diri, tidak mau belajar dan tidak juga mau diajak berpikir, rupa sih manusia tapi sikap, perilaku, dan pola pikir tak ubahnya keledai, dungu kelewat dungu.

Na’uzubillah min zalika.

DR. Muhammad Arifin Badri MA, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.