Amalan Yang Paling Utama Di 10 Awal Bulan Dzulhijjah…

‏قال رسول الله ﷺ “ما من أيام أعظم عند الله ولا أحب إليه العمل فيهن من هذه الأيام العشر، فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد”.
‏رواه أحمد

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada hari hari yang amal itu lebih agung dan lebih dicintai oleh Allah dari 10 hari (awal dzulhijjah). MAKA PERBANYAKLAH TAHLIL, TAKBIR DAN TAHMID.” (HR Ahmad).

HADITS INI MENUNJUKKAN BAHWA AMAL YANG PALING UTAMA DI 10 AWAL DZULHIJJAH ADALAH DZIKIR BERUPA TAKBIR, TASBIH, TAHMID DAN TAHLIL.

Ini juga sesuai firman Allah:

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَّعْلُومَاتٍ

“Dan hendaklah mereka menyebut nama Allah di hari hari yang telah diketahui.” (Al Hajj: 27)

Ibnu Abbas menafsir yang dimaksud hari hari yang telah diketahui dengan 10 awal dzulhijjah.

Imam Bukhari berkata dalam shahihnya, “Ibnu Umar dan Abu Hurairah apabila masuk awal dzulhijjah pergi ke pasar dan keduanya bertakbir. Maka orang orang pun ikut bertakbir.”

Ini semua menunjukkan bahwa dzikir adalah amal yang paling utama di hari hari tersebut. Apalagi bila digabungkan dengan amal saleh yang lainnya.

Abu Yahya Badrusalam Lc,  حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.