Meminta Kepada Malaikat Agar Dibangunkan Dari Tidur Di Akhir Malam, Bolehkah..?

SOAL:

Telah masyhur di kalangan sebagian orang awam, bahwa sebagian dari mereka mengatakan sebelum tidurnya; ‘wahai malaikat penjaga, bangunkan aku pada jam sekian, atau saat waktu ini’.

Syeikh Binbaz -rohimahulloh- menjawab:
“Ini tidak boleh, bahkan termasuk SYIRIK AKBAR, karena itu do’a (permintaan) kepada selain Allah dan do’a kepada sesuatu yang gaib, maka itu seperti meminta kepada Jin, berhala-berhala, dan orang-orang mati.

Ini berdasarkan keumuman firman Allah ta’ala (yang artinya):
‘Sungguh masjid-masjid itu milik Allah, maka janganlah kalian berdoa (meminta) kepada siapapun bersama Allah’. [Al-Jin 18].

Begitu pula, (berdasarkan keumuman) firman Allah -subhanah- (yang artinya):
‘Itulah Allah Rabb kalian, hanya miliknya semua kekuasaan. Adapun orang-orang yang kalian mintai selain Allah, sama sekali mereka tidak memiliki meski hanya qithmir (selaput tipis pada biji kurma).
Jika kalian memanggil mereka, mereka tidak bisa mendengar kalian. Jika seandainya mereka mendengar kalian, mereka tidak akan bisa menyanggupi (permintaan) kalian. Dan pada hari kiamat nanti mereka akan mengingkari perbuatan SYIRIK kalian itu’. [Fathir: 13-14].

[Lihat Majmu’ Fatawa Syeikh Binbaz 7/180].

——

Faedah: bila meminta kepada malaikat dan jin saja tidak dibolehkan, apalagi meminta kepada mayit!

Tidak ada yang menyangkal, bahwa malaikat dan jin itu hidup dan bisa berbuat sesuatu untuk manusia.. Tapi karena mereka itu gaib, maka meminta kepada mereka termasuk kesyirikan.

Dari sini kita bisa menyimpulkan, bahwa alasan sebagian orang yang membolehkan meminta kepada sebagian mayit dengan alasan dia HIDUP karena dia wali misalnya; ini adalah alasan yang sangat lemah dan sangat mudah dipatahkan.

Karena meminta kepada malaikat adalah kesyirikan padahal mereka jelas-jelas hidup.. meminta kepada jin juga kesyirikan, padahal mereka juga jelas-jelas hidup.. meminta kepada Nabi Isa -alaihissalam- juga kesyirikan, padahal beliau juga jelas-jelas masih hidup.

Walhasil, meminta kepada mereka termasuk perbuatan syirik, walaupun mereka dikatakan hidup, karena mereka gaib dari kita, dan meminta kepada sesuatu yang gaib, hanya dibolehkan kepada Allah ta’ala saja.

Wallahu a’lam.

Ustadz Musyaffa’ Ad Dariny MA,  حفظه الله تعالى 

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.