Yuk.. PUASA TIGA HARI..


BOLEHKAH BERPUASA TIGA HARI DI SETIAP BULAN HIJRIYAH (di luar ROMADHON) SELAIN DI TANGGAL 13, 14 dan 15 ?
.
Silahkan baca Tanya-jawab berikut yang terjadi beberapa tahun lalu saat mendekati hari raya Idhul Adha. Namun yang dibahas bersifat umum dan berlaku kapanpun hingga saat ini dan in-syaa Allah di masa yang akan datang. Allahu a’lam.
.
PERTANYAAN :
.
Ustadz, saya kan biasa berpuasa tiga hari setiap bulan. Sementara tanggal 13 di bulan ini masih hari tasyriq. Bolehkah saya berpuasa pada tanggal 14,15, dan 16 ?
.
.
JAWABAN :
.
Yang perlu diketahui bahwa BERPUASA TIGA HARI SETIAP BULAN TIDAK KHUSUS DI TANGGAL 13,14,15 saja. Namun boleh dilakukan kapan saja baik di awal bulan atau tengah bulan atau di akhir bulan. Namun yang paling utama adalah pada hari hari biidl tgl 13,14 dan 15.
.
Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

صيام ثلاثة أيام من كل شهر صيام الدهر

BERPUASA TIGA HARI DI SETIAP BULAN BAGAIKAN BERPUASA SELAMANYA.” (HR An Nasai).
.
Syaikh Utsaimin rahimahullah pernah ditanya: Apakah puasa tiga hari setiap bulan itu harus di tanggal biidl 13,14,15 saja ? Atau boleh di hari apa saja ?
.
Beliau menjawab:

يجوز للإنسان أن يصوم في أول الشهر ، أو وسطه ، أو آخره ، متتابعة ، أو متفرقة ، لكن الأفضل أن تكون في الأيام البيض الثلاثة وهي : ثلاثة عشر ، وأربعة عشر ، وخمسة عشر ،

قالت عائشة رضي الله عنها : كان النبي صلى الله عليه وسلم يصوم من كل شهر ثلاثة أيام ، لا يبالي أصامها من أوله ، أو آخر الشهر ” انتهى .

DIPERBOLEHKAN BERPUASA TIGA HARI di AWAL BULAN atau TENGAHNYA atau AKHIRNYA. BOLEH secara TERUS MENERUS atau SECARA TERPISAH. Namun YANG PALING UTAMA ADALAH di TANGGAL 13,14,15

A’isyah radliyallahu anha berkata, “Nabi shallallahu alaihi wasallam berpuasa tiga hari setiap bulan, TIDAK PEDULI APAKAH DI AWAL BULAN ATAU DIAKHIRNYA.
Selesai.”
.
(Majmu fatawa ibnu utsaimin jilid 20 no 376)
.
Jadi diperbolehkan berpuasa di tanggal 14,15,16.
.
Wallahu a’lam
.
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc,  حفظه الله تعالى
.
Ref
http://bbg-alilmu.com/archives/21823

.

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.