Jelek dan Buruk…

Jelek dan buruk, sering kali karena warna kaca mata anda.

Kerikil, bila dianggap dapat menggelincirkan kaki maka itu negatif namun bila dianggap bisa jadi bahan bangunan maka jadi berharga.

Sarung bila dipandang sebagai perlengkapan sholat maka bagus namun bila dipandang sebagai pakaian santai atau bahkan tidur maka jadi buruk bila dikenakan di kantor.

Punya istri itu positif dan menyenangkan namun bila dipandang dari cerewet, bawel, suka cemburu, dan nanti di hari qiyamat akan menuntut seluruh haknya maka menakutkan.

Harta bila dipandang sebagai fitnah dan penyebab anda terlali (*) dari akhirat maka buruk, namun bila dipandang banyak manfaat termasuk untuk bersedekah, biaya ibadah dan lainnya maka wooow sekali.

Makanya jangan hobi pakai kaca mata kuda apalagi berwarna hitam, biasakan menilai dari banyak dimensi agar bisa obyektif, mampu menimbang, mana yang lebih dominan baiknya atau buruknya.

Ustadz DR. Muhammad Arifin Badri MA, حفظه الله تعالى.

(*) terlupa

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.