Tidak Bermaksiat Namun Tetap Saja Berlumuran Dosa…

Bisa jadi selama ini anda mengira bahwa dosa itu hanya karena melakukan kemaksiatan semisal Zina, mencuri, menipu atau yang serupa.

Saudaraku ketahuilah bahwa dosa itu bisa saja karena anda berbuat maksiat seperti di atas, namun juga bisa karena anda lalai dari menjalankan sebagian kewajiban secara seutuhnya.

Walau anda sholat, namun bisa jadi anda berdosa karena sholat anda yaitu ketika Anda lalai dari memenuhi berbagai rukun dan kewajiban sholat, semisal khusyuk dan tumakninahnya.

Bila selama ini anda sadar untuk memohon ampunan kepada Allah dengan beristighfar dan bertaubat dari perbuatan dosa semisal mengadu-domba, hasad, iri dan dengki, maka sudahkah anda sadar untuk memohon ampunan kepada Allah dari dosa melalaikan kesempurnaan sholat Anda ?

Bila anda berupaya untuk membentengi diri dari perbuatan zina, namun sudahkah Anda melakukan hal yang serupa Dari dosa melalaikan hak-hak istri atau suami anda ?

Pendek kata, bisa jadi saat ini walau bulan Ramadhan telah berlalu, namun bisa jadi anda masih saja berlumuran dengan dosa. Bukan dosa berzina, minum khomer atau berjudi, tetapi dosa karena anda telah berleha-leha dari menyempurnakan ibadah puasa Anda.

Karenanya, sepatutnya anda memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah karena gagal mencapai kesempurnaan ibadah puasa anda.

Wallahu Taala a’alam bisshawab.

Ustadz DR. Muhammad Arifin Badri MA, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.