Wahai Kaum Pria… Anda Akan Menyesal Tidak Sholat Berjama’ah Di Masjid…

Simak penjelasan Ustadz DR. Firanda Andirja MA, حفظه الله تعالى berikut ini : (tunggu hingga audio player muncul dibawah ini:

👉🏼  Agar Tetap Semangat (dan terkadang memang harus di jabarkan matematika-nya ke manusia di zaman sekarang agar lebih paham):
.
Seseorang yang sholat berjama’ah di Masjid, maka pahalanya :
.
Dalam 1 Hari: 17 roka’at x 27 kali pahala = 459 roka’at (vs. 17 roka’at di Rumah)
Dalam 1 Bulan: 459 x 30 hari = 13.770 roka’at (vs. 510 roka’at di Rumah)
Dalam 1 Tahun: 13.770 x 12 bulan = 165.240 roka’at (vs. 6.120 roka’at di Rumah)

Sholat berjama’ah 5 waktu sehari di Masjid selama 1 tahun penuh in-syaa Allah dapat 165.240 roka’at. Beda dengan sholat 5 waktu dirumah hanya 6.120 roka’at.

Sedangkan untuk wanita, tetap ‘LEBIH UTAMA‘ sholat di rumah-rumah/kamar mereka (penjelasannya bisa di simak di SINI) meskipun tak terlarang ke Masjid dengan beberapa syarat yang telah disampaikan oleh para Ulama.

Apalagi bila mengamalkan sunnah ber-SIWAK sebelum setiap sholat yang in-syaa Allah nilainya 70 kali dari sholat tanpa ber-siwak (pejelasannya simak di SINI).. silahkan di kalkulasi berapa hasil dari 165.240 roka’at x 70 =… Maasya Allah…

Lalu.. perhatikan hadits-hadits berikut:

⚉   HADITS PERTAMA: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka SALAH SATU LANGKAH KAKINYA akan MENGHAPUSKAN DOSA dan LANGKAH KAKI LAINNYA akan MENINGGIKAN DERAJATNYA.” (HR. Muslim, no. 666)

Orang yang melakukan semacam ini akan mendapatkan dua kebaikan: (1) ditinggikan derajatnya, (2) akan dihapuskan dosa-dosa. Maasya Allah…

⚉   HADITS KE-2 :

عَنْ أُبَىِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ كَانَ رَجُلٌ لاَ أَعْلَمُ رَجُلاً أَبْعَدَ مِنَ الْمَسْجِدِ مِنْهُ وَكَانَ لاَ تُخْطِئُهُ صَلاَةٌ – قَالَ – فَقِيلَ لَهُ أَوْ قُلْتُ لَهُ لَوِ اشْتَرَيْتَ حِمَارًا تَرْكَبُهُ فِى الظَّلْمَاءِ وَفِى الرَّمْضَاءِ . قَالَ مَا يَسُرُّنِى أَنَّ مَنْزِلِى إِلَى جَنْبِ الْمَسْجِدِ إِنِّى أُرِيدُ أَنْ يُكْتَبَ لِى مَمْشَاىَ إِلَى الْمَسْجِدِ وَرُجُوعِى إِذَا رَجَعْتُ إِلَى أَهْلِى. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « قَدْ جَمَعَ اللَّهُ لَكَ ذَلِكَ كُلَّهُ »

“Dulu ada seseorang yang tidak aku ketahui seorang pun yang jauh rumahnya dari masjid selain dia. Namun dia tidak pernah luput dari shalat. Kemudian ada yang berkata padanya atau aku sendiri yang berkata padanya, “Bagaimana kalau engkau membeli keledai untuk dikendarai ketika gelap dan ketika tanah dalam keadaan panas.” Orang tadi lantas menjawab, “Aku tidaklah senang jika rumahku di samping masjid. Aku ingin dicatat bagiku langkah kakiku menuju masjid dan langkahku ketika pulang kembali ke keluargaku.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh Allah telah mencatat bagimu seluruhnya.” (HR. Muslim, no. 663)

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim (5:149) mengatakan,

فِيهِ : إِثْبَات الثَّوَاب فِي الْخُطَا فِي الرُّجُوع مِنْ الصَّلَاة كَمَا يَثْبُت فِي الذَّهَابِ .

Dalam hadits ini terdapat dalil bahwa langkah kaki ketika pulang dari shalat akan diberi ganjaran sebagaimana perginya.”

Jadi andakan rumah kita berjarak 200 m dari Masjid, pergi dan pulangnya menjadi 400 m, dan jika setiap langkah kaki kita hitungannya adalah 1/2 meter, maka ada DUA langkah kaki dalam 1 meternya dimana 1 langkah menghapuskan dosa dan langkah lainnya meninggikan derajat.. lalu berapa total langkah yang kita lakukan saat pergi ke Masjid dan saat pulang ke rumah ..? … 400 x 2 langkah = 800 langkah

Artinya in-syaa Allah (berdasakan hadits PERTAMA diatas) orang yang pergi sholat berjama’ah dan pulang setelahnya, satu langkah kakinya menghapuskan dosa dan satu langkah kaki lainnya meninggikan derajat, maka Allah akan ampunkan 400 dosa dan tinggikan 400 derajat setiap kalinya… bagaimana bila 5 kali ke Masjid setiap harinya..?! apalagi setiap bulannya..?! APALAGI setiap tahunnya.?! 

Maasya Allah, inilah keutamaan pergi dan pulang dari menunaikan sholat di Masjid . Akankah kita masih melewatkannya ?

=============

Ini baru pahala sholat wajib.. sedangkan masih ada pahala:
⚉   sholat-sholat sunnah rowatib,
⚉   sholat sunnah 4 roka’at setelah ‘Isya (baca di SINI)
⚉   sholat malam tahajjud dan witir,
⚉   sholat sunnah dhuha dan lainnya.
⚉   puasa wajib dan sunnah, zakat, infaq, sedekah,
⚉   birrul waaldayn – berbuat baik kepada orangtua, menyambung silaturrahim kepada keluarga, dll.

Subhaanallah.. betapa luas nikmat Allah..
.
.
Ikuti terus channel :
https://t.me/bbg_alilmu
https://t.me/aqidah_dan_manhaj
https://t.me/kaidah_ushul_fiqih

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.