HAL-HAL Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari KEBENARAN – Penghalang Ke-4 (a)

Dari kitab yang berjudul “Showarif ‘Anil Haq“, tentang Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran, ditulis oleh Syaikh Hamd bin Ibrohim Al Utsman, حفظه الله تعالى.
.
PEMBAHASAN SEBELUMNYA (Penghalang yang ke 3) bisa di baca di SINI

=======

🌿 Penghalang yang ke 4 (a) 🌿

٤ -التفر يطفي تحري الحق

⚉  Tidak bersungguh-sungguh dalam mencari kebenaran.
.
Orang-orang yang terhalang dari kebenaran, dari jalan yang lurus,.. diantara sebabnya adalah karena tidak ada kesungguhan mereka bahkan tidak ada keinginan untuk bersungguh-sungguh mencari kebenaran… atau bahkan dia merasa dirinya telah punya ilmu, padahal tidak (punya ilmu). Akhirnya dia tidak mau lagi mencari kebenaran.
.
Al-‘Allamah Shiddiq Hassan Khan rohimahullah… berkata dalam Kitab “Qothfu ats-Tsamar Fii Bayani Aqidah Ahli al-Atsar” (halaman 175) :

وإنَّما يعرفاحق من خمع خَمع جمسة أوصاف

Yang bisa mengetahui kebenaran adalah yang mengumpulkan lima perkara.”
.
1. Ikhlas
2. Pemahaman yang kuat
3. Tidak mengikuti hawa nafsu (betul-betul memang dia mencari kebenaran)
4. (Kata beliau yang paling sedikit ada pada manusia yaitu) Kesungguhan untuk mengetahui kebenaran
5. Kuat didalam mendakwahkan kebenaran
.
Jadi kata beliau (Al-‘Allamah Shiddiq Hassan Khan rohimahullah)… bahwa untuk bisa mengetahui kebenaran itu harus terkumpul lima perkara tadi.
.
1. Ikhlas
Sebab seseorang yang tidak ikhlas karena misalnya mengharapkan kemasyuran, ketenaran atau karena ingin mencari dunia, biasanya dia tidak akan di bimbing kepada kebenaran, kenapa ?!
Karena dia dasarnya adalah bukan ikhlas, sehingga akan dihatinya dikuasai oleh hawa nafsu sesuai dengan tujuannya.
.
2. Pemahaman
Sebab kalau ada orang yang pemahamannya dangkal, diapun juga tidak akan bisa mengetahui kebenaran, maka untuk mengokohkan pemahaman ini dia butuh untuk bersungguh-sungguh untuk memahami nash-nash dengan cara bertanya kepada para ahlinya.
.
3. Inshof
Sikap inshof ini artinya : kita tidak mengikuti hawa nafsu… betul-betul tujuan kita mencari kebenaran.
Itu sikap-sikap yang inshof namanya.
Sebab kalau kita masih mengikuti hawa nafsu, misalnya kita ingin membela pemahaman kita yang selama ini kita telah pahami, tapi kita belum tahu dalilnya. Ketika ada yang mengkritik pemahaman kita, kita bela mati-matian benar maupun salah, nah ini namanya tidak inshof.
Demikian pula misalnya kita karena fanatik terhadap suatu mazhab, akhirnya kita bela mati-matian mazhab kita, nah ini juga bukan sikap yang inshof, tapi itu adalah sikap yang mengikuti hawa nafsu atau karena misalnya kita condong kepada seseorang karena kecintaan kita, akhirnya maka kita bela dia karena dia karib kerabat kita atau teman dekat atau yang lainnya, maka ini juga bukan sikap yang inshof. Ini adalah yang ketiga : sikap inshof.
.
4. Kata beliau ini yang sedikit adanya yaitu : keinginan yang kuat dan semangat yang sungguh-sungguh untuk mengetahui kebenaran, sebab kalau ada orang yang sedang linglung atau kebingungan tapi dia tidak ada kesungguhan dalam mencari kebenarannya (maka) dia akan terus berada di atas kebingungan.
Yang musibahnya terkadang orang yang bingung itu mencetuskan ide yang konyol, seperti mengatakan :
Ah sudahlah jangan merasa paling benar sendiri,“ kenapa dia katakan itu ?! karena sebetulnya sekarang dia sedang bingung dan dia pun tidak mau mencari dan berusaha mencari kebenaran, padahal kalau dia bersungguh-sungguh mencari kebenaran melihat dan mengeluarkan seluruh kesungguhan In-syaa Allah  dia akan mendapatkan kebenaran itu.
.
5. Kekuatan, kesungguhan dalam menyerukan kepada kebenaran.
.
Orang yang tidak bersungguh-sungguh menyerukan kepada kebenaran, biasanya dia akan mudah meninggalkan kebenaran, mudah terpengaruh oleh syubhat dan yang lainnya.
.
Wallahu a’lam 🌴
.
.
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى.
.
Dari kitab yang berjudul Showarif ‘Anil Haq“, tentang Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran, ditulis oleh Syaikh Hamd bin Ibrohim Al Utsman, حفظه الله تعالى.
.
Silahkan bergabung di Telegram Channel dan Facebook Page :
https://t.me/aqidah_dan_manhaj
https://www.facebook.com/aqidah.dan.manhaj/

Artikel TERKAIT :
⚉   PEMBAHASAN LENGKAP – Showarif ‘Anil HaqHal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari KEBENARAN
⚉   PEMBAHASAN LENGKAP – Al IshbaahManhaj SALAF Dalam Masalah TARBIYAH dan PERBAIKAN

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.