1192. Mendapatkan Malam Laylatul Qadr Melalui Mimpi

1192. BBG Al Ilmu – 473

Tanya: Semalam teman ana mimpi malam lailatul qadr, seperti yang dicirikan Rasul semua situasi dalam keadaan hening. Sedangkan teman ana tidak pernah iitikaf sebelumnya, yang jadi pertanyaan apakah mimpi malam lailatul qadr termasuk bagian dari mendapatkan malam tersebut ? Dan malam ganjil apa saja malam lailatul qadr datang ?

Jawab:
Ustadz Muhammad Wasitho, MA حفظه الله تعالى

Bismillah. Yang mendapatkan kemuliaan dan keutamaan malam Lailatul Qodar adalah orang-orang yang menghidupkan malam tersebut dengan ibadah-ibadah yang wajib maupun sunnah, dan niatnya ikhlas karena Allah serta tata caranya mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, baik ia menghidupkannya semalam suntuk atau sebagian malam.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :
(Man Qooma Lailatal Qodri imaanan wahtisaaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbihi)

Artinya: “Barangsiapa yang berdiri (yakni beribadah) pada malam lailatul qodar karena keimanan dan berharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni oleh Allah.”

Jadi kemuliaan Lailatul Qodar itu Tidak diperoleh dengan cara mimpi mendapatkan lailatul qodar, karena orang mimpi adalah orang yang sedang tidur. Dan perbuatan-perbuatan apapun yang dilakukan ketika tidur tidak sah dan tidak diterima oleh Allah, karena tidak didasari dengan niat.

Adapun malam-malam ganjil yang diprediksi terjadinya Lailatul Qodar ialah malam ke-21, 23, 25, 27 dan 29. Dan sebagian ulama lebih menguatkan lagi terjadinya pada malam ke-27.

NB:
(Tadi malam adalah malam ke-22, dan nanti malam (20 Juli/malam Senin) adalah malam ganjil, yaitu malam ke-23)
والله أعلم بالصواب

⌣̊┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈⌣̊

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.