1206. Apakah Ada Tuntunan Panitia Zakat Mengucapkan Do’a Bagi Pemberi Zakat ?

1206. BBG Al Ilmu – 463

Tanya:
Apakah ada tuntunannya kalau kita bayar zakat fitrah, terus di doakan sama panitia penerima zakat ?

Jawab:
Ustadz Muhammad Wasitho, MA, حفظه الله تعالى

Iya, benar. Ada suatu riwayat yang menunjukkan bahwa penerima zakat atau amil zakat disunnahkan mendoakan orang yang memberi zakat.

Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abu Aufa dia bercerita: “Apabila seseorang mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
dengan membawa sedekahnya, maka beliau mendo’akan; “ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALAIHIM (Ya Allah, bersholawatlah atas mereka).” Kemudian bapakku Abu Aufa mendatangi beliau (dengan membawa sedekah), maka beliau pun mendo’akan: “ALLOHUMMA SHOLLII ‘ALA `AALI ABII AUFA (Ya Allah berilah sholawat kepada keluarga Abu Aufa).”

» Imam Ash-Shon’ani dalam kitab Subulus-Salaam (II/38-39) menjelaskan bahwa makna sholawat Nabi untuk umatnya adalah doa dari beliau agar mereka diampuni (dosa-dosanya oleh Allah).

Akan tetapi, jika panitia atau amil zakat tidak mendoakan pemberi zakat, maka tidak apa-apa, karena hal itu hukumnya sunnah.

Wallahu a’lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

⌣̊┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈⌣̊

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.