Images

Masihkah Kita Tidak Mengamalkannya..?


.
.
Alhamdulillah alladzi bi-ni’matihi tatimmush-shoolihaat…
.
Jika dengan membaca dzikir di (gambar) sebelum tidur, lalu dosa-dosa kita diampuni meski sebanyak buih di lautan, maka MASIHKAH KITA TIDAK MENGAMALKANNYA ?
.
LAA ILAAHA ILLALLAAH,
WAHDAHU LAA SYARIIKALAH,
LAHUL MULKU,
WALAHUL HAMDU, WA HUWA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QODIIR,
LAA HAWLA WA LAA QUWWATA ILLAA
BILLAAHIL-’ALIYYIL ‘AZHIIM,
SUBHAANALLAH, WAL HAMDULILLAAH,
WA LAA ILAAHA ILLALLAAH,
WALLAAHU AKBAR
.
Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” [ HR. Muslim no. 1893 ].

KUBURAN NABI Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Berada Di Masjid Nabawi ..?

KUBURAN NABI shollallohu ‘alaihi wasallam berada di masjid Nabawi …?

Inilah yang diyakini oleh sebagian kaum muslimin, padahal sebenarnya tidak demikian… Lebih jelasnya bisa di simak dari perkataan Syeikh Sholeh Sindi -hafizhohulloh- berikut ini:

Jadi, kuburan Beliau itu KELIHATANNYA di dalam Masjid Nabawi, padahal (sebenarnya) dia itu terpisah dengan sempurna dari Masjid Nabawi.

Karena kuburan beliau -shollallohu alaihi wasallam- itu tetap di dalam rumah (atau hujroh) beliau, sebagaimana keadaannya sebelum adanya perluasan Masjid Nabawi.

Perumpaan Hujroh Nabi dengan Masjid Nabawi adalah seperti tanah milik Zaid yang disampingnya ada tanah milik Amr. Kemudian Zaid membeli tanah yang berada di sekeliling tanah tetangganya itu.

Sehingga jadilah tanahnya Zaid mengelilingi tanahnya Amr dari semua arah, dan tanahnya Amr berada di tengah-tengahnya tanahnya Zaid.

Jadinya, gambaran di lapangan yang mungkin samar bagi orang yang tidak teliti melihatnya; bahwa tanahnya Amr adalah bagian dari tanahnya Zaid, padahal sebenarnya tanah tersebut adalah tanah yang berdiri sendiri tapi dikelilingi oleh tanah tetangganya.

Seperti inilah keadaan Hujroh Nabi dengan Masjid Nabawi, sama persis.”

[Kitab: Al-Jawab ‘An Syubhatil Istidlal bil Qobrin Nabawi ‘Ala Jawazit Tikhodzil Qubur Masajid, hal: 34-35].

Ustadz DR. Musyaffa Ad Dariny MA, حفظه الله تعالى

Makam

 

⚉   Di gambar diatas, ada pembatas antara makam di dalam rumah (hujroh) Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam dengan wilayah masjid yaitu  berupa tiga lapis dinding: dinding asli hujroh (biru), dan dua dinding setelahnya (merah tua dan merah muda).

⚉    Yang atas adalah arah utara… yang bawah arah selatan… arah kiblat di masjid nabawi adalah arah selatan.

⚉    Area berwarna Biru/Hijau Muda adalah roudhoh

⚉    Jalur orang yang melewati makam Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam kelihatan di paling bawah gambar itu, jadi kotak simetris yang menyentuh 3 bulatan biru, itu adalah pagar ke-empat untuk makam beliau, itulah yang sekarang nampak sebagai pagar kuning ke-emasan oleh para peziarah dari luar.

da200816-0650
da060817-0650

Do’a Setelah Adzan Yang Sesuai Sunnah…


.
.
Yuk baca DO’A SETELAH ADZAN DENGAN BENAR
.
Setelah adzan, bacalah SHOLAWAT (dalil di hadits no. 1 dibawah, dan sholawat yang utama adalah sholawat Ibrohimiyah)… Lalu setelah sholawat, bacalah do’a setelah adzan hingga “..alladzi wa ‘adtah..”, jangan ditambah-tambah.
.
HADITS No. 1 : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya):
.
“Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian BER-SHOLAWAT-LAH untukku. Karena siapa yang ber-sholawat kepadaku sekali, maka Allah akan ber-sholawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim no. 384).
.
HADITS No. 2 : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya):
.
“Barangsiapa mengucapkan setelah mendengar adzan ‘allahumma robba haadzihid da’watit taammah wash sholaatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wab’ats-hu maqoomam mahmuudan alladzi wa ‘adtah’ [Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan padanya], maka dia akan mendapatkan syafa’atku kelak.” (HR.Bukhari no. 614 )
.
Silahkan di share…
.
Ref : http://bbg-alilmu.com/archives/37853

Makna Sholawat Allah…

Makna sholawat Allah kepada Nabi dan
hamba-Nya ialah pujian dan sanjungan
Allah kepadanya di hadapan para malaikat
yang mulia yang berada di sisi-Nya.

Sedangkan makna sholawat para malaikat
kepada Nabi dan orang-orang yang beriman
ialah Do’a. Maksudnya para malaikat
mendo’akan kebaikan dan memohonkan
ampunan kepada Allah bagi Nabi shollallahu
‘alayhi wasallam dan kaum mukminin.

Ustadz Muhammad Wasitho MA, حفظه الله تعالى

Istighfar Dalam Tiap Majelis…

Imam Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma, ia berkata:

إِنْ كُنَّا لَنَعُدُّ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَجْلِسِ يَقُولُ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ مِائَةَ مَرَّةٍ

Dalam satu majlis, kami pernah menghitung ucapan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata : “RABBIGHFIRLII WATUB ‘ALAYYA INNAKA ANTAT-TAWWAABUR-ROHIIM (Ya, Rabbku. Ampunilah aku dan terima taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat dan Maha Penyayang)”, sebanyak seratus kali.

[Ash-Shahihah, 556].

Yang Penting Sumbangsihmu…

Allah berfirman :

وَجَاءَ مِنْ أَقْصَى الْمَدِينَةِ رَجُلٌ يَسْعَىٰ قَالَ يَا قَوْمِ اتَّبِعُوا الْمُرْسَلِينَ

Dan datanglah dari ujung kota, seorang laki-laki dengan bergegas-gegas ia berkata: “Hai kaumku, ikutilah para rasul itu“. (QS Yaasiin : 20)

Allah mengabadikan amal soleh lelaki tersebut yang berdakwah menyeru kaumnya untuk mengikuti para rasul, akan tetapi tidak diketahui nama lelaki tersebut. 

Karenanya tidaklah penting siapa dirimu…

Tidak penting engkau harus muncul dan dikenal, tetapi yang penting adalah amal apa yang telah kau lakukan untuk agama ini.

( Faedah dari Ustadz DR. Firanda Andirja MA,   حفظه الله تعالى )

Courtesy of Radio Rodja 756 AM dan Rodja TV

Istighfar-nya Nabi Ibrohim Yang Istimewa…

Istighfar-nya Nabi Ibrohim ‘alaihissalam yang istimewa.

ربنا اغفرلي ولوالدي وللمؤمنبن

ROBBANAGH-FIRLII WALI-WAALIDAYYA WALIL-MUKMININ” [QS. Ibrohim: 41]

(Ya Rabb kami, ampunilah aku, dan kedua orangtuaku, dan seluruh kaum mukminin).

PERBANYAKLAH BER-ISTIGHFAR SEPERTI INI, karena akan banyak sekali manfaat yang kita dapatkan.

1. Allah akan lebih mendengar istighfar kita, karena kita menggunakan istighfarnya ‘kekasih’ Allah ta’ala, Nabi Ibrohim ‘alaihissalam.

2. Ini merupakan bentuk bakti kepada kedua orang tua, dan akan menjadikan keduanya BAHAGIA dan mulia di sisi-Nya.

3. Dengannya kita akan mendapatkan do’a malaikat, karena kita telah mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya. [HR. Muslim, 2732]

4. Kita akan mendapatkan pahala sebanyak jumlah kaum muslimin, karena kita telah memintakan ampun untuk mereka semua. [Shohihul Jami’, 6026]

5. Allah akan menambah kekuatan untuk kita, karena kita beristighfar. [QS. Hud: 52].

6. Urusan-urusan kita akan dimudahkan Allah karena istighfar kita, sebagaimana dikatakan Ibnul Qoyyim rohimahullah. [Tibbun Nabawi, 155]

7. Allah akan melapangkan harta dan rezeki kita dengan istighfar. [QS. Nuh: 10-12]

Semoga Allah memberikan kita taufiq, untuk selalu bisa mengisi waktu kita dengan banyak beristighfar dengan istighfar ini kepadaNya, amin.

Ustadz DR. Musyaffa’ Ad Dariny MA, حفظه الله تعالى

 

da080115-1928
da240118-1928

Hujan dan Puasa – Terkumpulnya DUA Waktu Utama Untuk Berdo’a…

Nabi shallallahu ‘alayhi Wasallam bersabda (yang artinya) :
.
Carilah do’a mustajab pada TIGA keadaan :
[1] Bertemunya dua pasukan
[2] Menjelang sholat dilaksanakan
[3] Saat hujan turun
.
(HR. Al Baihaqi – Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini Shohih – Shohiihul Jaami’ no. 1026)

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya) :

Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi”. [HR. Ahmad 2-305]

Imam Nawawi rohimahullah menjelaskan, “Hadits ini menunjukkan bahwa disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk berdo’a dari awal ia berpuasa hingga akhirnya karena ia dinamakan orang yang berpuasa ketika itu.” [Al Majmu’ 6-273]

Kata Imam Nawawi rohimahullah, “Disunnahkan orang yang berpuasa berdo’a saat berpuasa dalam urusan akhirat dan dunianya, juga do’a yang ia sukai, begitu pula do’a kebaikan untuk kaum muslimin.” [Al Majmu’ 6-273]