Adakah Do’a Akhir dan Awal Tahun Hijriyah..?

Syaikh Bakr Bin Abdillah Abu Zaid rohimahullah berkata,

“Syariat Islam tidak pernah mengajarkan atau menganjurkan do’a atau dzikir untuk awal tahun. Manusia saat ini banyak yang membuat kreasi baru dalam hal amalan berupa do’a, dzikir atau tukar menukar ucapan selamat, demikian pula puasa awal tahun baru, menghidupkan malam pertama bulan Muharrom dengan sholat, dzikir atau do’a, puasa akhir tahun dan sebagainya yang semua ini tidak ada dalilnya sama sekali.”

[Tashih Ad Du’a’, hal.107]

Syaikh ‘Abdullah At Tuwaijiriy berkata,

“Sebagian orang membuat inovasi baru dalam ibadah dengan membuat-membuat doa awal tahun dan akhir tahun. Sehingga dari sini orang-orang awam ikut-ikutan mengikuti ritual tersebut di berbagai masjid, bahkan terdapat para imam pun mengikutinya. Padahal, do’a awal dan akhir tahun tersebut tidak ada pendukung dalil sama sekali dari Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam dan juga dari para sahabatnya, begitu pula dari para tabi’in. Tidak ada satu hadits pun yang mendukungnya dalam berbagai kitab musnad atau kitab hadits.”

[Al Bida’ Al Hawliyah, hal. 399]

 

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.