SELESAI – Donasi Pipa Saluran Air Bersih…

UPDATE – KAMIS SORE 12 MUHARROM 1441 / 12 SEPTEMBER 2019
.
alhamdulillah alladzii bi-ni’matihi tatimmush-shoolihaat… seluruh biaya yang diperlukan untuk pipa air + bak air telah terpenuhi, oleh karena itu kami SUDAHI donasi. Daftar penerimaan akan diposting  menjadi satu kesatuan dengan program JILID 2 in-syaa Allah

jazaakumullahu khoyron kepada para muhsinin/donatur, semoga Allah ‘azza wa jalla menerimanya… aamiiin

===================================

DONASI – PIPA PENGALIRAN AIR BERSIH  + BAK PENAMPUNG
.
bismillahirrohmaanirrohiim
.
alhamdulillah wash-sholaatu wassalaamu ‘alaa Rosulillah

⚉ Dari Anas rodhiyallahu ‘anhu , beliau mengatakan, “Rosuulullah shollallahu ‘alayhi wa sallam bersabda, ‘Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu) :
1️⃣ Orang yang yang mengajarkan suatu ilmu,
2️⃣ Mengalirkan sungai
3️⃣ Menggali sumur
4️⃣ Menanamkan kurma
5️⃣ Membangun masjid
6️⃣ Mewariskan mushaf atau
7️⃣ Meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal.

[HR. al-Bazzar dalam Kasyful Astaar, hlm. 149. hadits ini dinilai hasan oleh Syaikh al-Albani rohimahullah dalam Shohihul Jami’, no. 3602]

⚉ Syaikh ‘Abdur Rozzaq bin Abdil Muhsin al-Abbad al-Badr حفظه الله تعالى  (dalam al-Fawaaid al-Mantsuurah, hlm. 11-15, terkait amal jariyah no. 2 – mengalirkan sungai) mengatakan,

maksudnya adalah membuat aliran-aliran sungai dari mata air dan sungai induk, supaya airnya bisa sampai ke pemukiman masyarakat serta sawah ladang mereka. Dengan demikian, manusia akan terhindar dari dahaga, tanaman tersirami, serta binatang ternak mendapatkan air minum.

betapa pekerjaan besar ini akan menghasilkan begitu banyak kebaikan bagi manusia dengan membuat kemudahan bagi dalam mengakses air yang merupakan unsur terpenting dalam kehidupan. Semisal dengan ini yaitu mengalirkan air ke pemukiman masyarakat melalui pipa-pipa, begitu pula menyediakan tandon-tandon air di jalan-jalan dan tempat-tempat yang mereka butuhkan.”

====================

Dengan izin Allah ‘azza wa jalla, kami membuka kembali kesempatan amal jariyah, yaitu biaya pemasangan pipa untuk menyalurkan air dari sumber mata air di 2 tempat berbeda dengan total biaya Rp. 225 190.5 Juta telah terpenuhi. (silahkan lihat update saldo donasi di paragraf paling atas):

1⃣ Pengaliran Air Melalui Instalasi Pipa Sejauh 1 km – Lombok Utara – Rp. 80 40.5 Juta

Alhamdulillah.. program masif pengaliran air melalui pipa dari sumber mata air di hutan ke Dusun Terengan Tanak Ampar (dihuni 100 KK), Kab Lombok Utara, sejauh +/- 5 km (5000 m) terus berjalan. Lihat video (serah terima pipa) berikut :

1. https://m.youtube.com/watch?v=q07Ci38sOs8
2. https://m.youtube.com/watch?v=qkvbRh-crro

Seiring berjalannya pogram ini, diadakan rapat lanjutan dengan kepala desa dan tokoh masyarakat di dusun-dusun sekitar, tentang masalah air dari hutan. Ternyata ada 4 dusun lainnya:
Dusun Terengan Daya – dihuni sekitar 285 KK
Dusun Terengan Tengah – dihuni sekitar 150 KK
Dusun Terengan Timur – dihuni sekitar 223 KK
Dusun Terengan Lauk – dihuni sekitar 215 KK

yang juga mengalami kekeringan dan berharap bantuan pengaliran air ke dusun mereka juga.

Diperkirakan ada Dari sekitar 250 lonjor (1000 m) pipa AW ukuran 4 in’ yang dibutuhkan plus beberapa kaleng lem untuk menyambung dari instalasi pipa yang sedang dikerjakan ke 4 dusun tsb, donasi dari muhsinin via Al Ilmu membantu 135 lonjor pipa 4 in’ dengan biaya sekitar Rp. 80 40.5 juta. Sisa 115 lonjor pipa dibantu oleh muhsinin/lembaga lainnya. Nantinya, in-syaa Allah, pipa air yang dari hutan akan tersambung total ke 5 dusun, in-syaa Allah, dan akan sangat bermanfaat bagi sekitar 970 KK.

Pemasangan pipa sepanjang total 6 km (ke 5 dusun) ini dibantu oleh satuan personel dari Kodim Lombok Utara, gotong royong bersama seluruh warga dan santri.

Misi utama instalasi pipa ini, selain untuk membantu warga terhadap kebutuhan air, juga sebagai pemersatu warga, yang selama ini sering konflik dikarenakan akses air bersih yang tidak merata.

====================

2⃣ Pengaliran Air Melalui Instalasi Pipa Sejauh 1.5 km + Bak Penampungan – Lombok Timur – Rp. 145 150 Juta

Pondok Pesantren Assunnah di Lombok Timur berencana menambah sumber air untuk kebutuhan air 2300 santri dan PTK, yaitu dari sumber mata air di hutan. In-syaa Allah, air akan dialirkan melalui pipa HDPE sebesar 4 in’ sejauh 1.5 km (1500 m) menuju pondok, dan ini akan melengkapi meningkatnya kebutuhuan akan air bersih yang saat ini bersumber dari sumur bor yang baru dibuat.  Selain pipa, juga akan dibutuhkan bak penampung baru, dan total biaya pipa + lem + bak air adalah sebesar Rp. 145 150 juta

silahkan yang hendak berpatisipasi dalam program amal jariyah pipa air bersih, atau bila anda ingin mengeluarkan harta riba/syubhat maka bisa disalurkan juga untuk program ini dan di transfer ke :
.
Bank Syariah Mandiri (kode bank 451)
.
no. rekening : 748 000 9996
.
an. al ilmu INFAQ
.
konfirmasi (tidak harus) :
0838 0662 4622  

jazaakumullahu khoyron kepada para muhsinin/donatur yang telah dengan tulus menyisihkan sebagian hartanya di awal tahun 1441 Hijriah. Semoga Allah menjadikan infaq ini sebagai naungan kelak di hari dimana tidak ada naungan selain naungan Allah Subhaanahu Wa Ta’aala… Allahumma Aamiin
.
silahkan share ke kerabat, teman, dll karena terdapat juga pahala bagi orang yang menunjukkan jalan kebaikan.
.
Nabi shollallahu ’alaihi wasallam bersabda:

.من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه.

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” [ HR. Muslim no. 1893 ]
.
.
Semoga Allah ‘azza wa Jalla senantiasa mudahkan urusan kita bersama… Aaamiiin

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.