SELESAI – WAQAF – Pembebasan Lahan Rumah Tahfizh

UPDATE –  AHAD  PAGI – 13 ROJAB 1441 / 08 MARET 2020
.
alhamdulillahilladzii bi-ni’matihi tatimmush-shoolihaat… dengan ini, kami SUDAHI program waqaf tanah perluasan Rumah Tahfizh-PAUD, desa Toya, Lombok Timur, NTB. 
.
Jazaakumullahu khoyron kepada para muhsinin/donatur yang telah dengan tulus menyisihkan sebagian hartanya untuk program ini. Donasi yang masuk ke rekening setelah terpenuhinya waqaf ini akan dialokasikan untuk program waqaf berikutnya.
.
Berikut adalah daftar partisipasi para muhsinin dalam program waqaf tanah ini : Waqaf Tambahan - SD Islam

.
===================================
.
TAHAP 2 – PEMBEBASAN LAHAN RUMAH TAHFIZH
.
alhamdulillah wash-sholaatu wassalaamu ‘alaa Rosulillah
.
⚉ Dari Anas rodhiyallahu ‘anhu , beliau mengatakan, “Rosuulullah shollallahu ‘alayhi wa sallam bersabda, ‘Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu) :
1️⃣Orang yang yang mengajarkan suatu ilmu,
2️⃣Mengalirkan sungai
3️⃣Menggali sumur
4️⃣ Menanamkan kurma
5️⃣ Membangun masjid
6️⃣ Mewariskan mushaf atau
7️⃣ Meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal.

[HR. al-Bazzar dalam Kasyful Astaar, hlm. 149. hadits ini dinilai hasan oleh Syaikh al-Albani rohimahullah dalam Shohihul Jami’, no. 3602]

⚉ Dari ‘Utsman bin ‘Affân rodhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik orang di antara kamu adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya (kepada orang lain)” [HR. Bukhari, no. 4739]

“Hadits yang agung ini menunjukkan tingginya keutamaan orang yang mempelajari Alqur’an, mempelajari cara membacanya dengan tajwid yang benar, memahami kandungannya dan berusaha menghafalnya dengan baik, kemudian mengajarkannya kepada orang lain, agar petunjuk dan kebaikan yang terkandung di dalamnya tersebar dan di amalkan manusia.” [Faidhul Qodiir – 3/499]
.
===================================
.
Rumah tahfizh dan paud (RT-PAUD) Assunnah Kuanggorong, di desa toya, aikmel, lombok timur, berdiri di atas tanah waqaf yang dikelola oleh yayasan assunnah lombok timur. TAHAP 1 dari program ini sudah selesai walhamdulillah (BACA DI SINI).

Keberadaan RT-PAUD ini alhamdulillah disambut dengan sukacita oleh banyak warga di desa toya dan kampung-kampung sekitarnya yang dikarenakan kondisi ekonomi, qoddarallah wa maa syaa-a fa’al, belum memungkinkan untuk menyekolahkan anak-anak mereka di kota. Alhamdulillah, sejak dibuka di bulan Januari 2020, ada 2 kelas (siang-sore) Rumah Tahfizh dengan total 64 siswa/siswi yang belajar tahsin, tahfizh dan pelajaran ‘ulum syar’iyyah bersama 6 orang tenaga pengajar yang terdiri dari para hafizh/hafizhoh lulusan beberapa lembaga pendidikan dakwah seperti lipia jakarta, ma’had imam bukhori, dll. Sedangkan untuk PAUD, pendaftaran perdana akan dimulai di bulan Juni 2020, in-syaa Allah. Lihat foto:

.
Kini program in-syaa Allah masuk ke TAHAP 2, yaitu pembebasan lahan 400 m2 yang terletak persis di sisi RT-PAUD untuk perluasan dan pengembangan Rumah Tahfizh sekaligus tingkat SDIT Assunnah. Setelah pembebasan, lahan akan diproses menjadi tanah waqaf, in-syaa Allah, dan akan dikelola oleh yayasan assunnah lombok timur yang juga mengelola RT-PAUD.

Total awal dana yang dianggarkan untuk pembebasan lahan (Rp. 150.000/m2) adalah Rp. 60 juta. UPDATE : pengukuran ulang yang dilakukan oleh ketua RT setempat menunjukkan bahwa luas tanah yang sebenarnya lebih besar dari 400 m2, yaitu 520 m2, sehingga dana yang dibutuhkan untuk pembebasan tanah menjadi Rp. 78 juta + biaya proses perubahan sertifikat menjadi waqaf sekitar Rp. 1 juta, total Rp. 79 juta.
.
Silahkan yang hendak berpatisipasi dalam program amal jariyah di bulan harom Rojab ini, transfer ke :
.
Bank Syariah Mandiri (kode : 451)
no. rekening : 748 000 9996
an. al ilmu INFAQ
.
informasi/konfirmasi (opsional) :
0838 0662 4622
.
jazaakumullahu khoyron kepada para muhsinin/donatur yang telah dengan tulus ikhlas karena Allah menyisihkan sebagian hartanya untuk terwujudnya generasi penghafal Alqur’an di desa toya, aikmel, lombok timur. Setiap huruf Alqur’an, adab, akhlaq serta sunnah-sunnah Nabi shollallahu ‘alayhi wasallam yang dipelajari, dihafal dan diamalkan oleh para santri/santriwati, akan menjadi amal jariyah yang pahalanya, in-syaa Allah, terus mengalir walaupun jasad para muhsinin/donatur telah berkalang tanah.
.
silahkan share ke kerabat, teman, dll karena terdapat juga pahala bagi orang yang menunjukkan jalan kebaikan.
.
Nabi shollallahu ’alaihi wasallam bersabda:

.من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه.

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” [ HR. Muslim no. 1893 ]
.
.
Semoga Allah ‘azza wa Jalla senantiasa mudahkan urusan kita bersama… Aaamiiin

 

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.