SELESAI – WAKAF 3 Sumur Bor + Musholla + Pemancar Radio Dakwah

UPDATE – SENIN MALAM- 28 DZULHIJJAH  1441 /  17 AGUSTUS 2020
.
alhamdulillahilladzii bi-ni’matihi tatimmush-shoolihaat… dengan pertolongan Allah, seluruh dana yang diperlukan sudah terpenuhi, oleh karena itu kami SUDAHI program wakaf 3 sumur bor, tempat wudhu, pemancar radio dan tv dakwah, karpet sajadah dan pembangunan musholla.
.
Jazaakumullahu khoyron kepada para muhsinin/donatur yang telah dengan tulus ikhlas karena Allah menyisihkan sebagian hartanya, semoga menjadi amal jariyah yang terus mengalirkan pahala meskipun jasad telah lama berkalang tanah..
.

Daftar penerimaan :

RADIO - 18 Agustus - 1

.
➡ Dana yang masuk setelah terpenuhinya program ini akan DIALOKASIKAN dan dilaporkan dalam program wakaf berikutnya, in-syaa Allah
.
===================================
.
Dengan memohon ridho Allah, dan dalam rangka ta’awun di penghujung bulan Dzulhijjah, terbuka kembali kesempatan amal jariyah, yaitu :
.
1️⃣ WAKAF SUMUR BOR : Masjid dan Ponpes Daarussunnah – Sumbawa Besar
2️⃣ WAKAF TEMPAT WUDHU : Masjid Darul ‘Ilmi – Sumbawa Maluk

3️⃣ WAKAF PEMANCAR RADIO DAKWAH + TV DAKWAH : Lombok Timur
4️⃣ WAKAF SUMUR BOR : Masjid Abu Bakar – Lombok Utara
5️⃣ WAKAF KARPET SAJADAH – Musholla Ibnu Aly, Dusun Gelumpang, Lombok Timur
6️⃣ WAKAF SUMUR BOR : Musholla Alqurban Karang Kapitan, Lombok Timur
7️⃣ WAKAF MUSHOLLA : Musholla Assunnah Pringgabaya, Lombok Timur
.
===================================

.
Allah Ta’ala berfirman dalam Qs Al Baqoroh-261 (yang artinya), 
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui..”
.
⚉ Dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Bazzar, dan dinilai hasan oleh Syaikh al-Albani rohimahullah dalam Shohihul Jami’, no. 3602, Nabi shollallahu ‘alayhi wa sallam bersabda (yang artinya), ‘Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu) :
1️⃣ Orang yang yang mengajarkan suatu ilmu,
2️⃣ Mengalirkan sungai
3️⃣ Menggali sumur
4️⃣ Menanamkan kurma
5️⃣ Membangun masjid
6️⃣ Mewariskan mushaf atau
7️⃣ Meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal.

⚉ Terkait dengan hadits diatas dan rencana wakaf pemancar radio dimana ilmu agama yang bermanfaat dapat diajarkan secara masif, berikut ini kami kutip penjelasan Syaikh ‘Abdur Rozzaq bin Abdil Muhsin al-Abbad al-Badr حفظه الله تعالى  (dalam al-Fawaaid al-Mantsuurah, hlm. 11-15, tentang amal jariyah #1– keutamaan mengajarkan suatu ilmu) :
.
“..Kata ilmu yang dimaksudkan disini adalah ilmu bermanfaat yang bisa mengantarkan seseorang agar mengerti tentang agama mereka, bisa mengenalkan Robb dan sesembahan mereka.. ilmu yang bisa menuntun mereka ke jalan yang lurus; Ilmu yang dengannya bisa membedakan antara petunjuk dan kesesatan, kebenaran dan kebathilan, serta halal dan haram.

Dari sini, nampak jelas besarnya keutamaan para Ulama yang selalu mamberi nasehat dan para da’i yang ikhlas. Merekalah (ibarat) pelita bagi manusia, penyangga negara, pembimbing umat dan sumber hikmah. Hidup mereka merupakan kekayaan dan kematian mereka adalah musibah. Karena mereka mengajari orang-orang yang tidak tahu, mengingatkan yang lalai, serta menerangkan petunjuk kepada orang yang sesat. Ketika salah seorang dari para Ulama meninggal dunia, maka ilmunya akan tetap abadi terwariskan di tengah masyarakat, buku karya dan perkataannya akan senantiasa beredar. Masyarakat bisa memanfaatkan dan mengambil faidah dari buah karya mereka. (Dengan sebab inilah) pahala akan terus mengalir, meski mereka sudah berada dalam kuburan..

Dahulu banyak orang mengatakan, “Seorang yang berilmu meninggal dunia sementara kitabnya masih ada.” Namun sekarang, suaranya (pun) terekam dalam pita-pita kaset (atau kepingan CD) yang berisi pelajaran-pelajaran ilmiyah, muhadharah dan khuthbah-khuthbah yang sarat dengan manfaat, sehingga generasi-generasi yang datang setelahnya bisa mengambil manfaat darinya..

Orang yang berpartisipasi dalam mencetak buku-buku yang bermanfaat, dan menyebarkan buku-buku karya para Ulama yang sarat dengan faedah serta membagikan kaset-kaset ilmiyyah maka dia juga mendapatkan pahala yang besar dari sisi Allâh Azza wa Jalla..”
.
==========================
.
1️⃣ WAKAF SUMUR BOR – Masjid dan Ponpes Daarussunnah, Desa Jorok, Kab. Sumbawa, NTB

Sebagaimana halnya dengan di Pulau Lombok, Masyarakat di Pulau Sumbawa juga banyak yang mengalami kesulitan air bersih saat memasuki musim panas, dan kondisi ini berlangsung setiap tahun, qoddarallah wa maa syaa-a fa’al. Demikian halnya dengan Masjid Daarussunnah Sumbawa dimana kegiatan dakwah aktif dilaksanakan dan jumlah jama’ah setiap waktu sholat adalah sekitar 90 orang.. kesulitan air juga dialami oleh Ponpes Daarusunnah yang lokasinya berdampingan dengan Masjid. Jumlah santri terus bertambah dan kini mencapai sekitar 400 anak usia SD dan 28 tenaga pengajar. Sedangkan jumlah warga sekitar Masjid juga terus bertambah dan saat ini berjumlah 36 KK (170 jiwa) dan mereka juga mengalami kesulitan air. Berikut adalah foto Masjid dan Ponpes Daarussunnah dan perumahan warga di sekitarnya

Lokasi sumur berada di Masjid Daarussunnah sehingga air in-syaa Allah bisa dimanfaatkan oleh seluruh jama’ah masjid, para santri pondok dan warga sekitarnya. Kedalaman sumur sekitar 50 m dan menggunakan pipa besar 6 inch dengan biaya Rp. 67 juta. ➡️ Koordinator program ini adalah Posko Assunnah Peduli Lombok.
.
==========================
.
2️⃣ WAKAF TEMPAT WUDHU – Masjid Darul ‘Ilmi, Sumbawa Maluk, NTB

Sebagaimana yang kami infomasikan sebelumnya (baca DISINI) warga Dusun Mantun di pulau Sumbawa juga mengalami kesulitan air bersih, dan alhamdulillah berkat pertolongan Allah, saat ini sedang dibuatkan satu unit sumur bor di dekat Masjid Darul ‘Ilmi dari partisipasi para muhsinin.

Selain sumur bor, Masjid Darul ‘Ilmi juga memerlukan bangunan tempat wudhu dan toilet, dengan biaya Rp. 32 Juta. ➡️ Koordinator program ini adalah Posko Assunnah Peduli Lombok.
.
==========================
.
3️⃣ WAKAF PERALATAN TV DAKWAH + PEMANCAR RADIO DAKWAH – Satu Radio.

SATU RADIO Lombok alhamdulillah telah berkiprah ikut menyebarkan dakwah sunnah lebih dari 6 tahun dengan pendengar yang tersebar di Seputaran Lombok Timur, Sebagian Lombok Tengah s/d Lombok Barat, Alas Sumbawa, Taliwang dan sekitarnya, namun karena petir yang mengenai Mesin Radio setahun yang lalu menyebabkan daya pancarnya dari waktu ke waktu semakin menurun dari 4000 Watt sampai dengan hanya 600 Watt, qoddarallah wa maa syaa-a fa’al. Rencana perbaikan dan penambahan alat, salah satunya adalah radio transmitter/pemancar radio Elenos ET5000 memerlukan biaya besar yaitu Rp. 156 juta. Sekaligus dalam program ini adalah peremajaan peralatan tv Dakwah Rinjani TV sebesar Rp. 34 Juta.

Dengan adanya peralatan siaran baru ini, in-syaa Allah, akan menambah jarak jangkauan radio dakwah sehingga dapat berkiprah lebih luas lagi dalam menyebarkan ilmu bermanfaat yang bisa mengantarkan seseorang agar mengerti tentang agama mereka, bisa mengenal Robb dan sesembahan mereka.. ilmu yang bisa menuntun mereka ke jalan yang lurus; Ilmu yang dengannya bisa membedakan antara petunjuk dan kesesatan, kebenaran dan kebathilan, serta halal dan haram.. Lokasi stasiun SATU RADIO berada di lantai 2 Masjid Sulaiman Fauzan al Fauzan ➡️ Koordinator dan pelaksana program ini adalah Posko Assunnah Peduli Lombok.

.
==============
.
4️⃣ WAKAF SUMUR BOR – Masjid Abu Bakar, Gangga, Lombok Utara

Pasca gempa besar yang melanda wilayah Lombok Utara beberapa tahun lalu, warga di dusun Bentek yang berjumlah sekitar 12 KK (50an jiwa) mulai mengenal dakwah sunnah walhamdulillah dibimbing oleh beberapa asaatidz setempat. Saat ini warga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih dan pihak takmir Masjid Abu Bakar (yang baru dibangun) berharap akan adanya bantuan sumur bor yang mana airnya bisa dinikmati untuk wudhu, minum dan kebutuhan harian lainnya oleh jama’ah masjid dan juga oleh warga dusun tsb. Selain sumur, pihak Masjid juga berharap bantuan tempat wudhu dan toilet untuk masjid. Berikut adalah foto Masjid Abu Bakar.

Lokasi sumur berada di Masjid Abu Bakar sehingga air in-syaa Allah bisa dimanfaatkan oleh seluruh jama’ah masjid dan warga sekitarnya. Kedalaman sumur sekitar 40 m dan menggunakan pipa diameter 4 inch + bangunan tempat wudhu dan toilet dengan total biaya Rp. 58 juta. ➡️ Koordinator program ini adalah Posko Assunnah Peduli Lombok.
.
==============
.
5️⃣ WAKAF KARPET SAJADAH – Musholla Ibnu Aly, Dusun Gelumpang, Lombok Timur

Sebagaimana yang pernah kami informasikan sebelumnya (baca DISINI), pembangunan musholla bagi warga Dusun Gelumpang sudah dimulai walhamduillah dan in-syaa Allah selesai dalam waktu 2 bulan kedepan. Musholla membutuhkan 3 rol karpet sajadah dengan biaya sekitar Rp. 8 juta. ➡️ Koordinator program ini adalah Posko Assunnah Peduli Lombok. Berikut adalah foto pembangunan Musholla.

.
==============
.
6️⃣ WAKAF SUMUR BOR – Musholla Alqurban Karang Kapitan, Lombok Timur

Banyak masyarakat di Lombok Timur yang memiliki sumur gali yang dalamnya rata-rata 3-5 m. Saat musim kemarau tiba, wargapun mengalami kesulitan mendapatkan air bersih karena sumur-sumur mulai mengering dan ini terjadi setiap tahun, qoddarallah wa maa syaa-a fa’al. Daerah padat penduduk Karang Kapitan yang berjumlah sekitar 80 KK (+/- 350 jiwa) juga mengalami hal yang sama. Warga dan pihak pengurus Musholla Alqurban berharap adanya bantuan 1 unit sumur bor yang akan digali di tanah wakaf di sisi Musholla dengan kedalaman sekitar 25 meter dan diameter pipa 4 inch, sehingga airnya bisa digunakan oleh jama’ah musholla dan warga sekitar untuk wudhu, minum dan kegiatan harian lainnya. Biaya sumur Rp. 25 Juta ➡️ Koordinator program ini adalah Posko Assunnah Peduli Lombok. Berikut adalah foto Musholla Alqurban sekaligus tempat Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan perumahan warga di sekitarnya.  

.
==========================
.
7️⃣ WAKAF MUSHOLLA : Musholla Assunnah Pringgabaya, Lombok Timur

Selama beberapa tahun kegiatan dakwah di wilayah ini aktif diaksanakan di sebuah tempat, namun tempat tersebut tidak bisa lagi digunakan sejak beberapa waktu lalu. Alhamdulillah, warga setempat tidak lama kemudian membebaskan sebidang tanah di sekitarnya dan setelah izin resmi didapat, dimulailah pembangunan musholla Assunnah secara swadaya diatas tanah wakaf tsb. Namun qoddarallah wa maa syaa-a fa’al, pembangunan musholla seluas 7×8 tsb kini terpaksa dihentikan karena kekurangan dana. Pihak pengurus Musholla Assunnah berharap adanya bantuan dana sekitar Rp. 50 juta untuk menyelesaikan bangunan musholla tsb. ➡️ Koordinator program ini adalah Posko Assunnah Peduli Lombok. Berikut adalah foto bangunan musholla yang terhenti

.
==========================
.
.
➡➡ Dengan demikian, dan semoga Allah mudahkan, total dana untuk ke 7 program ini adalah Rp. 430 juta (lihat UPDATE SALDO paling atas)
.
➡ yang hendak berpartisipasi dalam program amal jariyah ini dalam bentuk INFAQ, untuk dirinya dan/atau untuk orangtua yang sudah wafat,  silahkan transfer ke :
.
Bank Syariah Mandiri (kode bank 451)
no. rekening : 748-000-9996
an. al ilmu INFAQ
.
konfirmasi (tidak harus) :
0838-0662-4622
.
jazaakumullahu khoyron kepada para muhsinin/donatur yang telah dengan tulus menyisihkan dan meng-infaq kan sebagian hartanya.
.
silahkan share ke kerabat, teman, dll karena terdapat juga pahala bagi orang yang menunjukkan jalan kebaikan.
.
Nabi shollallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

.من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه.

“barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” [ HR. Muslim no. 1893 ]
.
.
semoga Allah ‘azza wa Jalla senantiasa mudahkan urusan kita bersama… Aaamiiin

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.