SELESAI – WAKAF Sumur Bor + Lahan Masjid + Pembangunan Masjid + Kitab

AHAD SORE – 13 MUHARROM 1443 / 22 AGUSTUS 2021
.
alhamdulillahilladzii bi-ni’matihi tatimmush-shoolihaat… dengan pertolongan Allah, kami AKHIRI program wakaf beberapa sumur bor, lahan masjid dan pembangunannya (TAHAP #1), dan kitab (TAHAP #1)..

In-syaa Allah, rekening terus terbuka untuk program wakaf berikutnya ( baca DISINI ) yang in-syaa Allah dimulai di pekan ke 3 Muharrom, yaitu wakaf 3 sumur bor dan pembangunan masjid (TAHAP #2).. semoga Allah memberikan kemudahan..
.
Jazaakumullahu khoyron wa baarokallahu fiikum kepada para muhsinin/muhsinah/donatur yang telah dengan ikhlas karena Allah berpartisipasi dengan sebagian hartanya dalam program wakaf ini, semoga menjadi amal jariyah dan naungan kelak dihari dimana tiada naungan selain naungan Allah Ta’ala..
.
Daftar partisipasi s/d AHAD SORE

JALIK – 22 AGUS – 1

➡ Dana partisipasi yang masuk setelah berakhirnya program ini akan dialokasikan dan dilaporkan di program wakaf berikutnya, in-syaa Allah..

===================================
.
alhamdulillah.. wash-sholaatu wassalaamu ‘alaa Rosulillah
.
Dalam HR. al-Bazzar (lihat Shohihul Jami’, no. 3602), Nabi shollallahu ‘alayhi wa sallam bersabda, ‘Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu) :
1️⃣ Orang yang yang mengajarkan suatu ilmu,
2️⃣ Mengalirkan sungai
3️⃣ Menggali sumur
4️⃣ Menanamkan kurma
5️⃣ Membangun masjid
6️⃣ Mewariskan mushaf atau
7️⃣ Meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal.

⚉ Syaikh ‘Abdurrozaq bin Abdil Muhsin al-Abbad al-Badr حفظه الله تعالى  (dalam al-Fawaaid al-Mantsuurah, hlm. 11-15, terkait amal jariyah no. 3 – Menggali Sumur) mengatakan,
.
“Ini pahala yang didapatkan oleh orang yang memberikan minum, lalu bagaimana dengan orang yang menggali sumur yang dengan keberadaannya akan tercukupi kebutuhan minum banyak orang dan bisa dimanfaatkan oleh banyak orang..”
.
terkait amal jariyah no. 5 – Membangun Masjid :
.
“Masjid merupakan tempat yang paling dicintai Allah ‘Azza wa Jalla. Sebuah tempat yang Allah perintahkan untuk diangkat dan disebut nama-Nya di sana. Apabila masjid telah dibangun maka di sana akan dilaksanakan sholat, dibaca ayat-ayat al-Qur’an, nama-nama Allah ‘Azza wa Jalla akan disebut, ilmu-ilmu akan diajarkan, serta bisa menjadi tempat berkumpulnya kaum Muslimin, masih banyak faedah-faedah yang lain. Masing-masing poin itu bisa menghasilkan pahala..”
.
Dan dari Jabir bin ‘Abdillah rodhiyallahu ‘anhu, Nabi shollallahu ‘alayhi wa sallam bersabda, “Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” [HR. Ibnu Majah, no. 738]
.
Dari Ibnu ‘Abbas rodhiyallahu ‘anhumaa, bahwa ibunya Sa’ad bin Ubadah meninggal dunia, ketika Sa’ad tidak ada di rumah. Sa’ad berkata, “Wahai Rosulullah.. ibuku meninggal dan ketika itu aku tidak hadir. Apakah dia mendapat aliran pahala jika aku bersedekah harta atas nama beliau..? Nabi shollallahu ‘alayhi wa sallam menjawab, “Ya..”  [ HR. Bukhari – 2756 ]
.
===================================
.
Dengan memohon izin Allah, mulai Senin 26 Juli 2021 (16 Dzulhijjah 1442), terbuka kembali kesempatan untuk berpartisipasi dalam program wakaf sbb :

1️⃣ Pembebasan Lahan Masjid Assunnah Batu Jalik
2️⃣ Pembangunan Masjid Assunnah Batu Jalik
3️⃣ Sumur Bor Masjid Assunnah Batu Jalik dan Warga Sekitarnya 
.
.
Warga Batu Jalik, Sembalun, Lombok Timur, NTB sebagiannya aktif di kajian-kajian sunnah, dan saat ini sholat berjama’ah dan kajian rutin diadakan di gudang yang difungsikan sementara sebagai musholla.  Impian mereka adalah adanya Masjid dimana warga bisa menjalankan ibadah sesuai sunnah dan tempat bagi warga yang dewasa dan anak-anak untuk mempelajari Alqur’an dan Assunnah dan ilmu agama lainnya dengan layak, namun kondisi ekonomi rata-rata warga belum memungkinkan untuk mewujudkan sendiri impian tsb, qoddarallah wa maa syaa-a fa’al..

Alhamdulillah, dukungan dari masyarakat dan tokoh setempat cukup besar, termasuk kepala-kepala desa memberikan dukungan untuk berdirinya sebuah Masjid di wilayah tersebut. Untuk BATCH #1 ini, biaya pembebasan lahan + pembangunan masjid + pembuatan sumur bor mencapai : Rp. 550 juta, semoga Allah memberikan kemudahan.. ➡️ Koordinator dan pelaksana program : Assunnah Peduli.

.
===================================
.
4️⃣ Sumur Bor – Masjid Baiturrahman Batu Sela, Dusun Batu Sela, Desa Dara Kunci Kec. Sambalia, NTB

Alhamdulillah, proses renovasi masjid hampir selesai. Warga aktif menggunakan masjid untuk sholat berjama’ah dan majelis-majelis ilmu. Ada sekitar 120 KK (+/- 360 jiwa) di sekitar masjid dan mereka juga membutuhkan pasokan air bersih yang tetap untuk wudhu, minum, dll. In-syaa Allah air sumur, selain untuk keperluan masjid, nantinya juga akan dialirkan ke masyarakat sekitar. Biaya : Rp. 25 juta, semoga Allah memberikan kemudahan.. ➡️ Koordinator dan pelaksana program : Assunnah Peduli.
.
==============
.
5️⃣ (BARU) Pengadaan Kitab-Kitab Ulama – Maktabah Ma’had Aly Assunnah

Syaikh ‘Abdurrozaq bin Abdil Muhsin al-Abbad al-Badr حفظه الله تعالى berkata tentang amal jariyah no 1 yaitu Mengajarkan Ilmu.

“Ketika salah seorang dari para Ulama meninggal dunia, maka ilmunya akan tetap abadi terwariskan di tengah masyarakat, buku karya dan perkataannya akan senantiasa beredar. Masyarakat bisa memanfaatkan dan mengambil faidah dari buah karya mereka.  (Dengan sebab inilah) pahala akan terus mengalir, meski mereka sudah berada dalam kuburan. Dahulu banyak orang mengatakan, “Seorang yang berilmu meninggal dunia sementara kitabnya masih ada..” Namun sekarang, suaranya (pun) terekam dalam pita-pita kaset (atau kepingan CD) yang berisi pelajaran-pelajaran ilmiyah, muhadhoroh dan khuthbah-khuthbah yang sarat dengan manfaat, sehingga generasi-generasi yang datang setelahnya bisa mengambil manfaat darinya. Orang yang berpartisipasi dalam mencetak buku-buku yang bermanfaat, dan menyebarkan buku-buku karya para Ulama yang sarat dengan faedah serta membagikan kaset-kaset ilmiyyah maka dia juga mendapatkan pahala yang besar dari sisi Allah ‘Azza wa Jalla..”

[ al-Fawaaid al-Mantsuurah, hlm. 11-15 ]

Pengadaan sekitar 460 kitab-kitab para Ulama dan juga beberapa unit maktabah elektronik (komputer berisi Maktabah Syaamilah dengan 6.000 lebih judul Kitab) untuk maktabah di Ma’had Aly Assunnah (Perguruan Tinggi) dan in-syaa Allah akan menjadi pusat referensi bagi para asaatidz di wilayah Lombok Timur pada khususnya, dan NTB pada umumnya, selain itu juga akan menjadi pusat rujukan bagi para santri di Ma’had Aly Assunnah dan para santri Ma’had-Ma’had lainnya, in-syaa Allah.

Untuk Batch # 1, mencapai : Rp. 70 juta, semoga Allah memberikan kemudahan.. ➡️ Koordinator dan pelaksana program : Assunnah Peduli.
.
==============
.
6️⃣ (BARU) Sumur Bor dan Pipa – Masjid Bin Sanad, Lendang Daya, Labuhan Haji, Lombok Timur, NTB

Sebagian besar warga RT 8 Lendang Daya bekerja sebagai petani, buruh lepas dan peternak. Secara ekonomi pendapatan masyarakat masih tergolong rendah dan kadang tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-harinya. Sehari-hari warga menggunakan air sungai untuk kebutuhan wudhu, minum dan memasak, karena air sumur dangkal yang ada di masyarakat tidak bisa diminum maupun digunakan untuk memasak, qoddarallah wa maa syaa-a fa’al.. In-syaa Allah akan dibuatkan sumur bor dengan kedalaman 50 m dan akan dialirkan ke Masjid dan warga sekitar Masjid yang berjumlah sekitar 22 KK (60an jiwa) melalui jaringan pipa air sejauh 200 m. Biaya : Rp. 54 juta, termasuk tandon, tower, filter air dan jaringan pipa 1 inch sepanjang 200 m.. semoga Allah memberikan kemudahan.. ➡️ Koordinator dan pelaksana program : Assunnah Peduli.

.
==============
.
7️⃣ (BARU) Sumur Bor – Masjid Assunnah Dasan Kerpuk, Desa Sukadan, Lombok Utara

Masyarakat sekitar masjid rata-rata adalah petani dan buruh lepas yang memiliki penghasilan tidak tetap, perekonomian masyarkat termasuk menengah ke bawah, qoddarallah wa maa syaa-a fa’al.. Alhamdulillah warga sekitar masjid sudah aktif di kajian sunnah, bahkan di masjid telah diadakan kajian rutin bersama para asatizdah dari mataram. Pihak takmir Masjid mengajukan permohonan bantuan sumur bor untuk keperluan wudhu, minum dll jama’ah Masjid karena sumber air saat ini diambil dari sumur warga sekitar. Biaya sumur dengan kedalaman 30 m: Rp. 30 juta, termasuk tandon, tower.. semoga Allah memberikan kemudahan.. ➡️ Koordinator dan pelaksana program : Assunnah Peduli.

.
==============
.
8️⃣ (BARU) Sumur Bor – Musholla Al Mujahidin, Kampung Ganjar, Jelantik, Lombok Tengah

Mata pencaharian mayoritas warga Kampung Ganjar sebagai petani, pekebun, pekerja migran dengan penghasilan yang tidak tetap dan terkadang tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Saat musim kemarau seperti sekarang ini, masyarakat sangat kesulitan untuk mendapatkan air untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari karena sumur–sumur masyarakat mulai mengering, qoddarallah wa maa syaa-a fa’al.. Biaya sumur dengan kedalaman 25 m: Rp. 26 juta, termasuk tandon, tower, dan in-syaa Allah akan dimanfaatkan bersama oleh jama’ah masjid dan warga sekitar masjid yang berjumlah sekitar 40 KK (120 jiwa).. semoga Allah memberikan kemudahan.. ➡️ Koordinator dan pelaksana program : Assunnah Peduli.

.
==============
.
➡➡ Dengan demikian, dan semoga Allah memberikan kemudahan, total dana untuk ke 8 program ini adalah Rp. 755 juta (lihat UPDATE SALDO partisipasi paling atas). Semoga Allah memberikan kemudahan..
.
➡ yang hendak berpartisipasi dalam program amal jariyah ini dalam bentuk INFAQ, untuk dirinya dan/atau untuk orangtua,  silahkan transfer ke :
.
Bank Syariah Indonesia ( ex. Bank Syariah Mandiri ) kode bank : 451
no. rekening : 748-000-9996
an. al ilmu INFAQ
.
konfirmasi (tidak wajib) :
0838-0662-4622
.
jazaakumullahu khoyron kepada para muhsinin/muhsinah/donatur yang telah dengan tulus menyisihkan dan meng-infaq kan sebagian hartanya.
.
silahkan share ke kerabat, teman, dll karena terdapat juga pahala bagi orang yang menunjukkan jalan kebaikan.
.
Nabi shollallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

.من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه.

“barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya..”

[ HR. Muslim no. 1893 ]

FAQ :
Menghadiahkan Pahala Sedekah Untuk Teman Karib Yang Sudah Meninggal
Siapa Saja Dari Ummat Islam Yang Bisa Dihadiahkan Pahala Sedekah..?

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.