Images

Sanksi Terberat…

.
.
WASPADALAH…!
.
Contoh:
.
Adakah rasa gembira di hati anda ketika melihat rekening koran di akhir bulan dan mendapatkan bahwa nilai tabungan anda bertambah karena pihak bank memberikan riba dan sejenisnya..?
.
Jika iya, maka waspadalah saudaraku… Segera memohon ampun kepada Allah ‘azza wa jalla karena ini termasuk sangsi dari Allah… Iya sangsi, karena Allah telah mengharamkan riba (Al Baqoroh : 275) dan Allah beserta Rosul-Nya memerangi riba (Al Baqoroh : 278-279)… lalu kita bergembira dengan harta haram ini ?!.. Segeralah keluarkan harta riba tsb…
.
Semoga bermanfa’at, baarakallahu fiik
.
.
#riba
#haram
#bank

Pahala, Ucapan dan Do’a Ketika Menjenguk Orang Sakit…

Keutamaan yang besar dijanjikan bagi seorang muslim yang menjenguk saudaranya yang sakit.

Rosulullah shollallahu ‘alayhi wasallam bersabda :

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُوْدُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلاَّ صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلاَّ صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ، وَكَانَ لَهُ خَرِيْفٌ فِي الْجَنَّةِ

Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lain di pagi hari melainkan 70.000 malaikat bersholawat atasnya (memintakan ampun untuknya) hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari maka 70.000 malaikat bershalawat atasnya (memintakan ampun untuknya) hingga ia berada di pagi hari. Dan ia memiliki buah-buahan yang dipetik di dalam surga.”

(HR. At-Tirmidzi no. 969, dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ Ash-Shoghir no. 5767 dan Ash-Shohihah no. 1367)

Musuh Ikhlas… Adakah pada Dirimu..?

Ibnul Qoyyim rohimahullah berkata:

عدو الإخلاص وهاذمه الرغبة في مدح الناس والطمع فيما عندهم. فمن نقى قلبه من هذين سهل عليه تحقيق باب الإخلاص

Musuh ikhlas dan penghancur nya adalah :
(1) berharap memperoleh pujian orang-orang dan
(2) berharap pemberian dari mereka.
Barangsiapa yang membersihkan hatinya dari dua perkara ini maka mudah baginya untuk mewujudkan keikhlasan

Silahkan kita mengecek hati kita dengan ketat dan detail…
apakah kita telah selamat dari dua perkara ini ?
ataukah kita masih mencintai dua perkara ini ?

Ustadz DR. Firanda Andirja MA, حفظه الله تعالى

_____________
Courtesy of Radio Rodja 756 AM | Rodja TV

Musiibah Jatuhnya Pesawat JT 610…

TERKAIT MUSIBAH JATUHNYA PESAWAT JT-610…
.
DUA DZIKIR & DO’A YANG KERAP TERLUPAKAN saat kita tertimpa musibah, atau saat kita MELIHAT ORANG LAIN TERTIMPA MUSIBAH seperti kecelakaan pesawat, dll, cobaan penyakit, kekurangan harta, kecelakaan, dll.
.


.
.
Yuk hafal, baca dan sebarkan.
.
Dari ‘Abdullah bin ‘Abbâs Radhiyallahu anhuma , ia mengatakan,
.
“Pada suatu hari, aku pernah dibonceng di belakang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda, ‘Wahai anak muda, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat: ‘Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, maka engkau akan mendapati-Nya di hadapanmu. Jika engkau memohon (meminta), mohonlah kepada Allah, dan jika engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah.

Ketahuilah, bahwa SEANDAINYA SELURUH UMAT BERKUMPUL UNTUK MEMBERI SUATU MANFAAT KEPADAMU, MAKA MEREKA TIDAK AKAN DAPAT MEMBERI MANFAAT KEPADAMU, KECUALI DENGAN SESUATU YANG TELAH DITETAPKAN ALLAH UNTUKMU. Sebaliknya, JIKA MEREKA BERKUMPUL UNTUK MENIMPAKAN SUATU KEMUDHARATAN (bahaya) KEPADAMU, MAKA MEREKA TIDAK AKAN DAPAT MENIMPAKAN KEMUDHARATAN (bahaya) KEPADAMU, KECUALI DENGAN SESUATU YANG TELAH ALLAH TETAPKAN ATASMU. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.’” [HR. at-Tirmidzi, Hasan shahîh.]
.
Dalam riwayat lain at-Tirmidzi disebutkan, “Jagalah Allah, maka engkau akan mendapati-Nya di hadapanmu. Kenalilah Allah ketika senang, maka Dia akan mengenalmu ketika susah. Ketahuilah bahwa APA YANG LUPUT DARIMU TIDAK AKAN MENIMPAMU, dan APA YANG MENIMPAMU TIDAK AKAN LUPUT DARIMU. Ketahuilah bahwa pertolongan itu bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan bahwa bersama kesulitan ada kemudahan.”
.
Kalimat “Jagalah Allah,”… Maksudnya jagalah batas-batas Allah, hak-hak-Nya, serta menjaga perintah-perintah dan larangan-larangan-Nya dengan mengerjakan kewajiban dan meninggalkan hal-hal yang diharamkan. Demikian pula, dengan mempelajari agama-Nya sehingga dengannya engkau dapat beribadah kepada Allah Azza wa Jalla dan bermuamalah dengan manusia serta mendakwahkannya di jalan Allah.
.
Bagi para korban dari kaum muslimin, kami berdo’a : Allahummaghfir-lahum, warhamhum, wa ‘aafiihim, wa’-fu’anhum
.
Follow: @bbg_alilmu

Satu Lagi DZIKIR Yang Penting Kita Baca Setiap Hari…

PERTANYAAN

Assalamu’alaykum Ustadz, semoga Allah senantiasa menjaga antum dan keluarga dalam kebaikan dan kesehatan… aamiin. Maaf mengganggu waktu antum, Ustadz, ingin bertanya terkait hadits riwayat at Tirmidzi sbb :

Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“..Bagaimana aku bersenang-senang sedangkan pemegang sangkakala telah memasukkan sangkakalanya di mulutnya dan telah memiringkan dahinya serta menyiapkan pendengarannya menunggu diperintahkan (untuk meniupnya) hingga ia meniupnya.. ?” Hal ini tampaknya membuat berat para sahabat beliau, lalu mereka berkata, ..Apa yang mesti kami kerjakan wahai Rosulullah atau kami ucapkan..?

Beliau menjawab, “..Ucapkanlah, ’Cukuplah Allah bagi kami, dan Dia sebaik-baik Pelindung, dan hanya kepada Allah kami bertawakal..” Dan tampaknya beliau berkata, “..Kami bertawakal kepada Allah..

⚉ Apa derajat hadits diatas ini Ustadz ?
⚉ Jika shohih/hasan, bolehkah rutin membacanya ?
⚉ Apakah ada jumlah dan waktu-waktu tertentu untuk membacanya ?

Syukron Ustadz, baarokallahu fiik
JAWABAN

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

(Hadits tsb) Dihasankan oleh syaikh Albani. Boleh membacanya tiap hari tapi tidak ditentukan waktu dan jumlahnya.

Wallahu a’lam

Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى.

BOLEH BACA :
.
HASBUNALLAAHU WA NI’MAL WAKIIL
‘ALALLAHI TAWAKKALNAA
.
atau boleh juga :
.
HASBUNALLAAHU WA NI’MAL WAKIIL
TAWAKKALNAA ‘ALALLAH

Ujian Pasti Menerpa…

ada seorang ibu berkata..
saya sudah sholat, sedekah, puasa, zakat..
sayapun telah meninggalkan larangan..
tapi mengapa kesempitan hidup masih tetap menghimpit..
mengapa ujian terus bertubi tubi menimpa..

saya hanya bisa menjawab..
ibu.. apakah selama ini ibu beribadah agar tidak diuji..
tidak mungkin..
karena Allah berfirman..
alif laam miim..
apakah manusia mengira akan dibiarkan berkata kami beriman sementara ia tidak diuji…?
(al ankabut ayat 1)

ibadah yang kita lakukan adalah untuk mengokohkan hati..
bukan untuk menepis ujian..
karena ujian pasti menerpa kehidupan mukmin..
Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda..
senantiasa ujian menimpa mukmin..
sampai ia berjumpa dengan Allah tanpa membawa dosa..
(HR Ahmad)

Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

Do’a Agar Tidak Dibenamkan Ke Dalam Bumi…

 

Mendengar gempa di Sulawesi yang amat mengerikan. Banyak rumah yang dibenamkan ke bumi. Amat penting sekali untuk selalu membaca do’a yang diajarkan oleh Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam yang beliau baca di setiap pagi dan petang:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tentramkan-lah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri dan dari atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (aku berlindung dari dibenamkan ke dalam bumi).”

Dibaca setiap pagi dan petang.

HR. Al Bukhari dalam kitab Al Adabul Mufrod.

Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

==========

Silahkan download (KLIK dan langsung download) ke Smartphone anda

Panduan DZIKIR PAGI v.3.0

Panduan DZIKIR PETANG v.3.0

Beberapa Bentuk Sholat Sunnah WITIR dan Bacaan Dzikir Setelahnya…

JUMLAH ROKA’AT dan CARA PELAKSANAAN SHOLAT SUNNAH WITIR
.
Witir boleh dilakukan SATU, TIGA, LIMA, TUJUH atau SEMBILAN roka’at. Berikut rinciannya.
.
⚉   PERTAMA: Witir dengan SATU roka’at. (HR. Abu Daud no. 1422. Syaikh Al Albani mengatakan Shohih)
.
⚉   KE-DUA: Witir dengan TIGA roka’at.
.
Di sini boleh dapat dilakukan dengan dua cara:
[1] TIGA roka’at, sekali salam. (HR. Al Baihaqi)
[2] Mengerjakan DUA roka’at terlebih dahulu kemudian salam, lalu ditambah SATU roka’at kemudian salam. (HR. Ahmad 6/83). Cara kedua ini lebih utama, simak di SINI untuk penjelasannya.
.
⚉   KE-TIGA: Witir dengan LIMA roka’at.
.
Cara pelaksanaannya adalah dianjurkan mengerjakan LIMA roka’at sekaligus dan tasyahud pada roka’at kelima, lalu salam. (HR. Muslim no. 737)
.
⚉   KE-EMPAT: Witir dengan TUJUH roka’at.
.
Cara pelaksanaannya adalah dianjurkan mengerjakannya tanpa duduk tasyahud kecuali pada roka’at KE-ENAM. Setelah tasyahud pada roka’at KE-ENAM, tidak langsung salam, namun dilanjutkan dengan berdiri pada roka’at KE-TUJUH. Kemudian tasyahud pada roka’at KE-TUJUH dan salam. (HR. Muslim no. 746)
.
⚉   KE-LIMA: Witir dengan SEMBILAN roka’at.
.
Cara pelaksanaannya adalah dianjurkan mengerjakannya tanpa duduk tasyahud kecuali pada roka’at KE-DELAPAN. Setelah tasyahud pada roka’at KE-DELAPAN, tidak langsung salam, namun dilanjutkan dengan berdiri pada roka’at KE-SEMBILAN. Kemudian tasyahud pada roka’at KE-SEMBILAN dan salam. (HR. Muslim no. 746) Dalil yang sama berlaku untuk 7 dan 9 Roka’at Witir.