Images

Renungan 15 Ramadhan 1440 H…

RENUNGAN MALAM 15 RAMADHAN 1440 H…
.
.
Syaikh As-Sa’di -rahimahullah menjelaskan ada 4 macam ilmu yang tidak bermanfaat.
.
PERTAMAilmu yang 100% berbahaya, tidak ada manfaat sama sekali, atau minimal bahaya ilmu tersebut lebih besar dibandingkan manfaatnya (kebaikannya). Misalnya ilmu sihir. Contoh lain, seseorang belajar tentang kesesatan (berbagai aqidah / pemahaman yang menyimpang), namun dia belum memiliki ilmu tentang kebenaran (‘aqidah shohihah), dia tidak memiliki “senjata” untuk melindungi dirinya.
.
KE DUAsibuk mempelajari ilmu duniawi (ilmu pengetahuan) yang hukum asalnya adalah mubah, namun kesibukan tersebut menjadikannya lalai dari hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupannya, seperti lalai untuk menghadiri sholat berjamaah di masjid bagi laki-laki tanpa ‘udzur (alasan yang dibenarkan syariat). Dalam kasus semacam ini, ilmu tersebut menjadi ilmu yang tidak bermanfaat.
.
KE TIGAilmu syar’i (ilmu agama), yaitu ilmu tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah, namun tidak diamalkan. Sebetulnya dia mengenal ilmu agama, namun dia tinggalkan atau tidak diamalkan. Dia mengenal keburukan namun justru menerjangnya. Ilmu syar’i yang tidak diamalkan, hanya menjadi ilmu yang tidak bermanfaat.
.
KE EMPATmenyibukkan diri dengan ilmu alam atau ilmu modern (seperti biologi, fisika, dan semisalnya) sehingga menyebabkan dirinya cuek dan berpaling dari mempelajari ilmu agama. Orang yang membatasi diri hanya mempelajari ilmu-ilmu alam tersebut, hanya akan menyebabkan pelakunya bingung dan terjatuh dalam kesombongan. Fenomena semacam ini bisa kita saksikan. Seseorang yang hanya sibuk mempelajari ilmu tersebut, bukannya bertambah keimanan kepada Allah Ta’ala, namun akhirnya menjadi pengingkar Tuhan (atheis).
.
Lalu apa ilmu yang bermanfaat? Yaitu ilmu agama (yang diamalkan) dan ilmu yang mendukung untuk mempelajari ilmu agama tersebut, seperti ilmu bahasa Arab dan semacamnya. Demikian pula setiap ilmu yang bisa memperbaiki agama, dunia, dan akhlak manusia. DENGAN SYARAT BAHWA AGAMA-LAH YANG MENJADI POKOK, sedangkan yang lain adalah tambahan dan penyokong untuk perbaikan agama seseorang.
.
[ Majmu’ Al-Fawaaid wa Iqtinaashil Awaabid ]
.
Artikel muslim.or.id
.
#ramadhan1440
.

Renungan 14 Ramadhan 1440 H…

RENUNGAN MALAM 14 RAMADHAN 1440 H…
.
Apakah ada terbetik di hati anda saat ini prasangka buruk terhadap seseorang (muslim)..?! yuuk do’akan kebaikan untuknya setulus mungkin.
.
Betapa banyak orang yang mengumpulkan pahala dari ibadahnya, akan tetapi tak mampu mengikis hatinya dari penyakitnya. Yang tak jarang, membakar habis amalnya bak api memakan kayu bakar dengan lahapnya.
.
Seinglah kita baca do’a berikut dari QS. Al Hasyr (59) – 10 :
.
ROBBANAGH-FIRLANAA
WALI IKHWAANINAL LADZiINA SABAQUUNA
BIL IIMAN.
WALAA TAJ’AL FII QULUUBINAA
GHILLAL-LIL LADZIINA AAMANU
ROBBANAA INNAKA ROUUFUR-ROHIIM
.
Ya Tuhan kami, berilah kami ampunan dan juga kepada saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami. Dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman, Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”
.
.
.
#ramadhan1440
#ramadhan2019
#ramadhan2019🌙
#sunnahnabi
#jumat
#dosa
#keburukan
.
.