Allah Ta’ala berfirman,
{الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا}
“Dialah Allah yang menciptakan adanya kematian dan kehidupan, untuk menguji siapa di antara kalian yang paling baik amalnya..” (QS al-Mulk [67]: 2)
Saat menafsirkan ayat ini, Ibnul Qoyyim rohimahullahu Ta’ala berkata,
ﻫﻮ أخلصه ﻭﺃﺻﻮﺑﻪ . ﻗﺎﻟﻮا ﻳﺎ ﺃﺑﺎ ﻋﻠـي : ﻣﺎ ﺃﺧﻠـصه ﻭﺃﺻﻮﺑﻪ؟ ﻗﺎﻝ : ﺇﻥ اﻟﻌﻤﻞ ﺇﺫا ﻛﺎﻥ ﺧﺎﻟﺼﺎ ﻭﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺻﻮاﺑﺎ. ﻟﻢ ﻳﻘﺒﻞ . ﻭﺇﺫا ﻛﺎﻥ ﺻﻮاﺑﺎ ﻭﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺧﺎﻟﺼﺎ ﻟﻢ ﻳﻘﺒﻞ،
ﺣﺘﻰ ﻳﻜﻮﻥ ﺧﺎﻟﺼﺎ ﺻﻮاﺑﺎ، ﻭاﻟﺨﺎﻟﺺ : ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻟﻠﻪ، ﻭاﻟﺼﻮاﺏ : ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻋﻠﻰ اﻟﺴﻨﺔ
Berkata al-Fudhail bin ‘Iyyadh rohimahullah, “Yakni yang paling ikhlas dan yang paling benar..”
Maka mereka berkata, “Wahai Abu Ali, apa yang dimaksud dari kalimat ‘yang paling ikhlas dan paling benar’..?”
Beliau menjawab, “Sesungguhnya sebuah amalan, apabila ikhlas tetapi tidak benar (tidak sesuai bimbingan Rosulullah shollallahu ‘alayhi wasallam), maka amalan tersebut tidak diterima. Demikian pula apabila sebuah amalan benar, tetapi tidak ikhlas maka tidak diterima pula.
Sampai amalan tersebut ikhlas dan benar.
– Ikhlas : adalah apabila seorang meniatkan dari amalannya hanya untuk Allah.
– Benar : adalah yang sesuai di atas Sunnah Rosulullah shollallahu ‘alayhi wasallam..”
(Tafsir Ibnul Qoyyim – 1/78)