Mampukah Aku Seperti Pemuda Ini…?

Dalam sebuah kajian belum lama ini, ada sebuah pertanyaan yang belum sempat terjawab. Kami salin ulang pertanyaannya karena terdapat pelajaran sangat berharga didalamnya sehingga seorang ustadz yang membacanyapun sangat terharu dan hanya memberikan jawaban: ‘…(aku) berharap bisa berbakti kepada ke dua orangtua seperti pemuda ini, namun orangtuaku sudah tiada…’

Mampukah kita seperti pemuda ini… ? Ya Allah… ampunilah pemuda ini dan kedua orangtuanya dan masukkanlah mereka ke surga Firdaus-Mu… aamiin ya Robb…

Assalamu’alaykum,

Saya seorang anak (laki-laki/bujangan) 15 tahun.

Saya mengurus Ibu dan Ayah saya yang lanjut usia. Setiap hari saya membersihkan mereka (memandikan dan mencebokkan) secara otomatis saya melihat dan menyentuh aurat mereka.

Sebenarnya saya punya kakak wanita dan kakak ipar wanita tetapi mereka enggan melakukan apa yang saya lakukan, bahkan kakak ipar saya dan suaminya hidup menjauh dari kami, dan dengan menjauhnya mereka dari kami membuat saya ragu untuk menikah. Saya takut istri saya nanti mejauhkan saya dari kedua orangtua saya.

Saya akhirnya memutuskan membujang hingga mereka tutup usia., dan 3 tahun lalu mereka (orangtua) tutup usia.

*) Apakah saya berdosa telah melihat dan menyentuh aurat Ibu Bapak saya ?

*) Apakah yang saya lakukan/kondisi kami termasuk kondisi darurat?

*) Apakah saya memutuskan tidak menikah untuk berbakti kepada orangtua hingga tutup usia karena takut durhaka kepada orangtua (istri menjauhkan saya dari orangtua) dapat dibenarkan menurut syariat ? karena saya memandang ini lebih maslahat bagi saya dan orangtua.

Jazaakallahu khoyron

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.