Renungan

Abdullah bin ‘Utbah berkata,

“Aku masuk menemui ‘Aisyah aku lalu berkata kepadanya, “Maukah engkau menceritakan kepadaku tentang peristiwa yang pernah terjadi ketika Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam sedang sakit..?”

‘Aisyah menjawab, “Ya.. Pernah suatu hari ketika sakit Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam semakin berat, beliau bertanya: “Apakah orang-orang sudah sholat..?” Kami menjawab, “Belum, mereka masih menunggu tuan..” Beliau pun bersabda: “Kalau begitu, bawakan aku air dalam bejana..”

Maka kamipun melaksanakan apa yang diminta beliau. Beliau lalu mandi, lalu berusaha berdiri dan berangkat, namun beliau jatuh pingsan. Ketika sudah sadarkan diri, beliau kembali bertanya: “Apakah orang-orang sudah sholat..?” Kami menjawab, “Belum wahai Rosulullah, mereka masih menunggu tuan..”

Kemudian beliau berkata lagi: “Bawakan aku air dalam bejana..” Beliau lalu duduk dan mandi. Kemudian beliau berusaha untuk berdiri dan berangkat, namun beliau jatuh pingsan lagi. Ketika sudah sadarkan diri kembali, beliau berkata: “Apakah orang-orang sudah sholat..?” Kami menjawab lagi, “Belum wahai Rosulullah, mereka masih menunggu tuan..”

Kemudian beliau berkata lagi, “Bawakan aku air dalam bejana..” Beliau lalu duduk dan mandi. Kemudian beliau berusaha untuk berdiri dan berangkat, namun beliau jatuh dan pingsan lagi. Ketika sudah sadarkan diri, beliau pun bersabda: “Apakah orang-orang sudah sholat..?” Saat itu orang-orang sudah menunggu Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam di masjid untuk sholat ‘Isya di waktu yang akhir…. al hadits
(HR Al Bukhari)
.
Lihatlah bagaimana semangatnya Rosulullah untuk sholat berjama’ah..
Walaupun beliau sedang sakit berat..
Beliau tetap berusaha untuk pergi sholat berjama’ah..

Padahal beliau telah diampuni dosa-dosanya dan telah dijamin masuk surga..

Lalu bagaimana dengan kita..

Ditulis oleh,
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.