Puasa Di Akhir Bulan

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ سَأَلَهُ أَوْ سَأَلَ رَجُلًا وَعِمْرَانُ يَسْمَعُ فَقَالَ يَا أَبَا فُلَانٍ أَمَا صُمْتَ سَرَرَ هَذَا الشَّهْرِ قَالَ الرَّجُلُ لَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَإِذَا أَفْطَرْتَ فَصُمْ يَوْمَيْنِ

Dari Imran bin Husain rodhiyallahu ‘anhu dari Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bertanya kepada seorang laki laki sedangkan Imran mendengarnya, “Hai Abu Fulan, tidakkah kamu berpuasa di saror bulan ini..?”
“Tidak wahai Rosulullah..” jawab orang itu. Beliau bersabda, “Apabila kamu tidak berpuasa maka berpuasalah dua hari (pada hari lain)..” (HR Al Bukhari)

Al Hafidz Ibnu Hajar berkata dalam kitab fathul Baari menjelaskan hadits ini:

يُؤْخَذُ مِنَ الْحَدِيثِ النَّدْبُ إِلَى صِيَامِ أَوَاخِرِ كُلِّ شَهْرٍ لِيَكُونَ عَادَةً لِلْمُكَلَّفِ فَلَا يُعَارِضُهُ النَّهْيُ عَنْ تَقَدُّمِ رَمَضَانَ بِيَوْمٍ أَوْ يَوْمَيْنِ لِقَوْلِهِ فِيهِ : إِلَّا رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا فَلْيَصُمْهُ “

“Diambil dari hadits ini sunnahnya berpuasa pada akhir setiap bulan agar menjadi kebiasaan seorang mukallaf. Ini tidak bertentangan dengan larangan mendahului ramadhan dengan berpuasa sehari atau dua hari. Berdasarkan sabda Nabi: “Kecuali orang yang memiliki kebiasaan berpuasa, maka berpuasalah..”

Apa yang dimaksud saror dalam hadits ini..?

Berkata Abu Ubaid dan Jumhur, “Yang dimaksud suror di sini adalah akhir bulan.. disebut demikian karena saat itu gelap bulan yaitu malam 28, 29 dan 30..”

Sedangkan sebagian ulama berpendapat bahwa makna saror adalah jamak dari surroh yaitu pertengahan. Ini dikuatkan oleh hadits yang menganjurkan berpuasa pada hari-hari biidh.

Namun Ibnu Hajar menguatkan pendapat jumhur, karena adanya riwayat-riwayat dengan lafadz siroor dan sebagiannya suror. Ini menunjukkan bahwa maknanya adalah akhir bulan.. bukan pertengahan bulan.

Hadits ini juga menunjukkan disyari’atkannya mengqodho puasa sunnah..

(Lihat Fathul Baari Syarah Shohih Al Bukhari karya Al Hafidz ibnu Hajar Al Asqolani Kitab Shoum bab Shoum pada akhir bulan)

Ditulis oleh,
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.