Pahala Ibadah Anak Kecil Untuk Siapa..?

PERTANYAAN:

Apakah pahala seluruh amalan anak-anak kecil yang belum baligh, seperti shalat, haji, dan membaca al-Quran, akan kembali kepada kedua orangtuanya atau dia juga ikut mendapatkan bagian..?

Syeikh bin Baz rohimahullah menjawab,

“Pahala amalan anak kecil yang masih belum baligh –yang dimaksud di sini adalah amal sholih– adalah untuk dirinya, bukan untuk orangtuanya atau untuk orang lain..

Orangtuanya mendapatkan pahala karena telah mengajarinya, memberikan pengarahan kepadanya untuk mengamalkan kebajikan, serta menolongnya untuk melakukan perbuatan tersebut..

Hal ini berdasarkan riwayat dalam Shohih Muslim, dari Ibnu ‘Abbas rodhiyallahu ‘anhumaa, bahwa ada seorang wanita yang menunjukkan anaknya yang masih kecil kepada Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam pada saat hujjatul wada`.

Wanita itu bertanya, “Wahai Rosulullah, apakah anak kecil ini bisa mendapatkan pahala haji..?” Beliau shollallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya, dan karenanya engkau juga mendapatkan pahala..”

Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa pahala haji itu adalah untuk anak kecil tersebut, namun ibunya turut mendapatkan pahala karena ikut berhaji bersamanya.

Demikian juga, selain orangtua juga bisa mendapatkan pahala karena kebajikan yang dilakukannya, seperti mengajari anak-anak yatim yang diasuhnya, karib kerabat, pelayan, atau yang lainnya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam,

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa yang menunjukkan kebajikan, maka ia mendapatkan pahala seperti orang yang melakukannya..” (HR. Muslim, dalam kitab Shohih-nya)

Alasan lainnya adalah karena perbuatan itu berarti kerjasama dalam melakukan kebajikan dan ketakwaan. Allah Subhanahu wa Ta’ala yang akan memberikan pahala atas perbuatan itu..”

Sumber: Fatawa Syekh Bin Baz Jilid 1, Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Pustaka at-Tibyan.

Ref : https://konsultasisyariah.com/1747-amal-anak-kecil-pahalanya-untuk-dirinya-atau-orang-tuanya.html

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.