Yang Pertama Kali Melakukan Sholat Khusus Malam Nishfu Sya’ban…

172. BBG Al Ilmu – 151

Pertanyaan:
Ana mau tanya, siapa dan kapan yang pertama kali melakukan sholat nishfu sya’ban. Sebenarnya semalam ana dengarkan juga kajian di radio, tapi ana kurang jelas namanya. Yang ana ingat hanya tahunnya yakni 448 H.

Jawaban:
Orang yang pertama kali menghidupkan sholat ini pada malam Nishfu Sya’ban adalah seseorang yang dikenal dengan Babin Abul Hamroo’. Dia tinggal di Baitul Maqdis pada tahun 448 H. Dia memiliki bacaan Qur’an yang bagus. Suatu saat di malam Nishfu Sya’ban dia melaksanakan sholat di Masjidil Aqsho. Kemudian ketika itu ikut pula di belakangnya seorang pria. Kemudian datang lagi tiga atau empat orang bermakmum di belakangnya. Lalu akhirnya jama’ah yang ikut di belakangnya bertambah banyak.

Ketika datang tahun berikutnya, semakin banyak yang sholat bersamanya pada malam Nishfu Sya’ban. Kemudian amalan yang dia lakukan tersebarlah di Masjidil Aqsho dan di rumah-rumah kaum muslimin, sehingga sholat tersebut seakan-akan menjadi sunnah Nabi. (Al Bida’ Al Hawliyah, 299)

Lalu kenapa sholat ini dinamakan sholat Alfiyah? Alfiyah berarti 1000. Sholat ini dinamakan demikian karena di dalam sholat tersebut dibacakan surat Al Ikhlas sebanyak 1000 kali. Sholat tersebut berjumlah 100 roka’at dan setiap roka’at dibacakan surat Al Ikhlas sebanyak 10 kali. Jadi total surat Al Ikhlas yang dibaca adalah 1000 kali. Oleh karena itu, dinamakanlah sholat alfiyah.

والله أعلم بالصواب

ref : http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/serba-serbi-bulan-syaban-01.html

da2706130714

 

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.