Tj Puasanya Wanita Hamil Tua

188. BBG Al Ilmu – 199

Pertanyaan:
Mau bertanya Istri ana sedang hamil besar 8 bulan, dan sebagaimana romadhon tahun kemarin, tahun ini istri ana ingin tetap manjalani shaum meskipun sedang hamil, ana sudah memberi nasihat padanya kalau orang hamil boleh meninggalkan shaum, namun istri ana bersikeras mampu menjalaninya, romadhon yang lalu juga bisa, itu pendiriannya.

Bagaimana penjelasan ustadz mengenai hal ini, apakah pendirian istri ana yang memaksakan untuk tetap shaum bertentangan dengan syari’at ?

Jawaban:
Ust. Fuad Hamzah Baraba’ Lc

Sebaiknya dicoba dulu, apalagi jika memang tahun lalu sudah melakukannya jadi sudah ada pengalaman. Dicoba lagi saja harian, dilihat mampu atau tidak, dan suami sebaiknya mendukung, jangan langsung melarang. Yang terpenting untuk disadari adalah adanya
Keringanan bagi wanita hamil.

Tambahan tim tj:
Untuk tambahan referensi, bisa buka link berikut:
http://almanhaj.or.id/content/2809/slash/0/apabila-ibu-hamil-dan-menysui-berpuasa/

Mengenai apakah wanita hamil yang tidak berpuasa Ramadhan diharuskan qadha atau fidyah atau keduanya, ada perbedaan pendapat diantara para ulama salaf. Untuk pembahasan lengkapnya silahkan buka link berikut:

http://rumaysho.com/hukum-islam/puasa/3085-perselisihan-ulama-mengenai-puasa-wanita-hamil-dan-menyusui.html

والله أعلم بالصواب

»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«

̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.