Dicari, Bambu PETHUK Asli…

Bambu pethuk diyakini bisa mendatangkan kelapangan rezeki bagi pemiliknya, sehingga banyak orang yang memburunya, bahkan harganya bisa mencapai milyaran.

Ingatlah keyakinan seperti ini terhadap bambu pethuk, bisa membahayakan akidah anda !

Ketahuilah bahwa keyakinan seperti ini terhadap bambu pethuk sangat bertentangan dengan ajaran Islam, karena Islam menjunjung tinggi sisi keilmiyahan .. keyakinan di dalam Islam harus berdasarkan dalil yang shahih atau bukti yang valid !

Dan bambu pethuk tidak terbukti secara dalil syar’i bisa melapangkan rezeki pemiliknya .. apalagi secara bukti penelitian, tidak ada hubungannya antara bambu pethuk dengan lapangnya harta seseorang sama sekali.

Sesuatu yang antik tidak harus ada keistimewaan khususnya .. tidak juga harus berpengaruh pada harta seseorang .. kalau ada yang bisa mendapatkan batu dari planet Pluto, tentu akan menjadi antik dan istimewa .. tapi untuk meyakini adanya keistimewaan tertentu padanya, harus ada dalil yang kuat atau bukti yang valid.

Inilah agama Islam yang menjunjung tinggi keilmiahan.

Ada 2 kemungkinan pada keyakinan terhadap bambu pethuk ini:

🅰️ Meyakini bahwa bambu pethuk hanya sebagai wasilah atau sebab lapangnya harta seseorang, adapun pelapang harta sesungguhnya tetap Allah .. maka ini adalah syirik kecil.

Pertama, karena ini pada hakekatnya adalah meyakini sesuatu sebagai penyebab, padahal tidak demikian.

Kedua, karena tindakan ini adalah jembatan menuju syirik besar, yakni meyakini bahwa bambu itulah yang menjadikan hartanya lapang.

🅱️ Meyakini bahwa bambu pethuk itulah yang melapangkan harta seseorang .. maka ini merupakan syirik akbar .. karena meyakini ada sesuatu selain Allah yang bisa melapangkan harta seseorang .. padahal yang berkuasa seperti itu hanyalah Allah ta’ala pemilik segala sesuatu. Wallahu a’lam.

Demikian, semoga Allah melindungi kita semua dari dua jenis kesyirikan ini, apapun bentuknya. amin.

Silahkan dishare, jika berkenan .. semoga bermanfaat dan Allah berkahi.

Ditulis oleh :
Ustadz DR. Musyaffa’ Ad Dariny MA, حفظه الله تعالى.

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.