Renungan Ayat – 4

Setiap sholat kita selalu membaca ayat

اهدنا الصراط المستقيم

“Tunjukkan kami ke jalan yang lurus”

Ayat ini jika kita tadaburi mengandung banyak faidah. Diantaranya:

1. Hidayah itu hanyalah milik Allah dan berasal dari Allah. Baik hidayah ilmu maupun hidayah taufiq.

2. Kita amat membutuhkan hidayah dalam setiap perbuatan kita. Terkadang ada orang yang mendapat hidayah dalam akidahnya tapi tidak dapat hidayah dalam ibadahnya.

3. Ilmu Allah amat luas sehingga kita diperintahkan memintanya setiap waktu.

4. Penetapan risalah Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam. Karena hidayah itu dari Allah dan Allah menyampaikan hidayah berupa ilmu melalui lisan rasul rosul-Nya.

5. Bantahan terhadap semua pelaku bidah dan kesesatan. Karena tidak mengikuti hidayah yang dibawa oleh rosulullah.

6. Bantahan terhadap para pengikut nenek moyang. Karena hidayah bukan berasal dari mereka. Akan tetapi yang berasal dari Allah dan rasul-Nya.

7. Bantahan terhadap para pendewa akal dan hawa nafsu. Karena akal bukanlah sumber hidayah namun sebagai alat untuk memahami hidayah.

Maka bila kita minta hidayah kepada Allah berkonsekwensi untuk siap mengikuti hidayah yang berasal dari Allah dan rosul-Nya.
Dan tidak mungkin dapat mengikuti hidayah kecuali dengan menghilangkan tabir penghalang yang dapat menghalangi hati kita dari hidayah berupa kesombongan, cinta dunia berlebihan, hasad, dan sebagainya.

Ditulis oleh,
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

ARTIKEL TERKAIT
Renungan Ayat – 3

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.