Rahasiakan Sholat Sunnahmu

Sholat merupakan satu ibadah yang sangat agung, salah satu rukun Islam yang paling utama setelah dua kalimat syahadat.

Sholat merupakan tiang agama, dan kita diwajibkan melaksanakannya dalam sehari semalam lima kali.

Selain sholat lima waktu, kita dianjurkan untuk memperbanyak sholat sunnah.

Tidak seperti sholat wajib lima waktu yang bagi laki-laki diwajibkan mengerjakannya di masjid, sholat sunnah lebih ditekankan untuk mengerjakannya di rumah. Dan ini bukan berarti kita tidak boleh sholat sunnah di masjid, namun sholat sunnah di rumah itu lebih utama.

Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ صَلَاةُ الْمَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الْمَكْتُوبَةَ

“Sungguh, sebaik-baik sholat, (ialah) sholat seseorang di rumahnya kecuali sholat wajib..” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk sembunyi-sembunyi dalam mengerjakan sholat sunnah, karena pahalanya lebih besar dari pada sholat sunnah dilihat orang lain.

Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

صَلَاةُ الرَّجُلِ تَطَوُّعًا حَيْثُ لَا يَرَاهُ النَّاسُ تَعْدِلُ صَلاَتَهُ عَلَى أَعْيُنِ النَّاسِ خَمْسًا وَعِشْرِيْنَ

“Sholat sunnah seseorang tanpa dilihat oleh manusia, (pahalanya) menyamai sholatnya di tengah-tengah manusia sebanyak 25 derajat..” (HR. Abu Ya’la , dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih al-Jami: 3821).

Selain itu bisa lebih menjaga keikhlasan, karena kita sembunyi-sembunyi dalam melaksanakannya, dan tidak ada yang melihat serta memperhatikan kecuali Allah Ta’ala.

Mudah-mudahan Allah Ta’ala selalu menjaga keikhlasan kita semua, dan kita selalu semangat dalam menjaga sholat, baik yang wajib maupun yang sunnah.

Ditulis oleh,
Ustadz Fuad Hamzah Baraba Lc, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.