MUTIARA SALAF : Bekal Yang Sedikit

Rosulullah shollallahu ‘alayhi wa sallam bersabda (yang artinya),

“Pergunakanlah yang lima sebelum datang yang lima (yaitu) :
● masa mudamu sebelum datang masa tua
● masa sehatmu sebelum datang masa sakit
● masa kayamu sebelum datang masa miskin
● masa luangmu sebelum datang masa sibuk
● masa hidupmu sebelum datang kematian..”

(HR. Al Hakim dalam Mustadroknya, IV/306; Abu Nu’aim, IV/148; al-Baghawi dalam Syarhussunnah, V/182; Ibnul Mubarak dalam kitab az-Zuhd, no.2; al-‘Ajalûni dalam Kasyful Khafâ, I/167; Ibnu Abi Syaibah, XII/223 dan dicantumkan dalam Shohiihul Jaami’, no.1077)

● Ibnul Qoyyim rohimahullah berkata,

“Menyia-nyiakan waktu itu lebih parah dari kematian. Karena menyia-nyiakan waktu memutuskanmu dari (mengingat) Allah dan negeri akhirat. Sedangkan kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan penghuninya..”

(Al Fawaid)

● Ibnul Jauzi rohimahullah berkata,

“Barangsiapa yang mengetahui bahwasanya umur adalah perbekalan yang sangat sedikit yang ia gunakan
untuk perjalanan menuju tempat yang kekal dan terus menerus di dalam jannah (surga), niscaya ia tidak akan menyia-nyiakan umurnya..”

(Hifzhul ‘Umr – hlm. 57)

● Sufyan ats-Tsaury rohimahullah berkata,

“Siapa yang bermain-main dengan umurnya maka dia akan menyia-nyiakan hari-hari yang seharusnya dia gunakan untuk menanam.. dan siapa yang menyia-nyiakan hari-hari untuk menanam maka dia akan menyesal pada hari-hari menuai (akherat)..”

(Hifzhul ‘Umr – hlm 65)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.