1051. Apakah Perlu Mengulang Shalat Bila Tidak Khusyu’ ?

1051. BBG Al Ilmu

Tanya:
jika kita shalat sendiri dan tidak khusyu’, apakah shalatnya perlu diulang ?

Jawab:
jika seseorang sudah melaksanakan sholat sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan sudah berusaha mengikhlaskan niat karena Allah, maka sholatnya sudah SAH, dan ia tidak perlu dan tidak diperintahkan mengulangi sholatnya meskipun tidak sempurna khusyu’nya.

Syaikh bin Baz rahimahullah pernah ditanya perkara serupa dan jawaban beliau:
“…Jika anda sadar bahwa anda sedang shalat di hadapan Allah dan bemunajat kepadaNya, maka hal itu akan mendorong anda untuk khusyu’ dan konsentrasi ketika shalat, syetan pun akan menjauh dari anda sehingga selamatlah anda dari bisikkannya. Jika dalam shalat anda terasa banyak godaan, meniuplah tiga kali ke samping kiri dan memohonlah perlindungan Allah tiga kali dari godaan syetan yang terkutuk, insya Allah hal ini akan membebaskan anda.

Jadi, anda tidak perlu mengulangi shalat karena godaan, akan tetapi hendaknya anda sujud sahwi jika anda telah melakukan apa yang diwajibkan itu.

Misalnya, anda tidak melakukan tasyahud awal karena lupa, atau tidak membaca tasbih ketika ruku’ atau sujud karena lupa, atau anda ragu apakah tiga raka’at atau empat raka’at ketika shalat Zhuhur umpamanya, maka anggaplah itu tiga raka’at, lalu sempurnakanlah shalat, kemudian sujud sahwi dua kali sebelum salam. Jika dalam shalat Maghrib anda ragu apakah baru dua raka’at atau sudah tiga raka’at, maka anggaplah itu baru dua raka’at lalu sempurnakan, kemudian sujud sahwi dua kali sebelum salam, karena demikianlah yang diperintahkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam…”  [Kitab Ad-Da’wah, hal 76, Syaikh Ibnu Baz]

والله أعلم بالصواب
Ref:
http://salamdakwah.com/baca-forum/apakah-orang-yang-tidak-khusyu-di-dalam-sholat-wajib-mengulangi-sholatnya–.html

http://almanhaj.or.id/content/538/slash/0/kacaunya-pikiran-ketika-shalat/

– – – – – •(*)•- – – – –

View:

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.