Tj Pakaian Isbal Bukan Karena Sombong

106. Tj – 271

Pertanyaan:
Ana pernah denger di kajian muhammadiyah,katanya kain yg panjang itu memang disebut sombong namun pada zaman rasul dan di lingkungan mereka,sedangkan disini tidak,gimana ustad?

Jawaban:
Para ulama telah sepakat bahwasanya isbal itu haram jika dilakukan karena sombong.
Akan tetapi mereka berselisih pendapat jika isbal dilakukan bukan karena sombong. Mereka menyatakan bahwa isbal tanpa kesombongan hukumnya makruh (dibenci oleh Allah).

Pendapat yang lebih kuat bahwasanya hukumnya adalah haram meskipun tanpa kesombongan, dan semakin bertambah keharamannya jika disertai dengan kesombongan.

Untuk pembahasan tuntas masalah haram/makruh isbal, silahkan buka link berikut:
http://firanda.com/index.php/artikel/aqidah/273-isbal-no-apa-sih-susahnya-wong-tinggal-ninggikan-celana-sedikit-kan-masih-tetap-keren

Untuk mereka yang tetap bersikukuh isbal, mohon dipertimbangkan hal ini. Jika Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam ujung baju dan sarung beliau hingga tengah betis padahal dia adalah orang yang paling bertakwa dan paling jauh dari kesombongan bahkan beliau tawadlu kepada Allah dengan memendekkan baju dan sarung beliau hingga tengah betis dan beliau takut ditimpa kesombongan serta ujub, maka mengapa kita tidak meneladani beliau??

والله أعلم بالصواب
———————————————

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.