HAL-HAL Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari KEBENARAN – Penghalang Ke-18

Dari kitab yang berjudul “Showarif ‘Anil Haq“, tentang Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran, ditulis oleh Syaikh Hamd bin Ibrohim Al Utsman, حفظه الله تعالى.
.
PEMBAHASAN SEBELUMNYA (Penghalang yang ke 17) bisa di baca di SINI

=======

🌿 Penghalang yang ke 18 🌿

Diantara perkara yang menghalangi seseorang dari kebenaran yaitu..

⚉   Berlebih-lebihan dalam meng-konsumsi yang mubah atau melakukan perbuatan yang mubah [ فضول المباحات ]

Perbuatan yang mubah adalah perkara yang di perbolehkan secara syari’at dan halal. Namun juga tidak mengandung perkara yang sifatnya ibadah.

Melakukan yang mubah boleh tapi tidak menghasilkan pahala apa-apa.

Sesuatu yang sifatnya mubah wajib diyakini akan kemubahannya. Namun tentu di dalam mengkonsumsi yang mubah atau melakukan perkara yang mubah-pun tidak boleh berlebih-lebihan.

Maka perkara yang mubah itu hendaknya kita pilih, antara :

1. Yang mubah namun bermanfaat untuk hidup kita, untuk iman kita, untuk agama kita, maka ini perkara yang bisa menjadi bernilai ibadah bila disertai dengan niat.

Demikian pula perkara-perkara yang mubah yang bisa menjadi wasilah menuju keta’atan. Maka.. inipun juga menjadi pahala sebagaimana disebutkan dalam kaidah “Wasilah di hukumi sesuai dengan maksud tujuannya”.

2. Dan adapun apabila yang mubah itu menjadi wasilah kepada yang haram, maka itu haram.
Atau menjadi wasilah kepada yang makruh maka itu makruh, dan apabila yang mubah itu sesuatu yang sia-sia, tidak ada manfa’atnya sama sekali maka ini yang tidak bernilai pahala dan memperbanyaknya itu adalah kerugian.

Diantara kerugiannya :

⚉   ketika seseorang misalnya memperbanyak makan.. melebihi kebutuhan badannya.. dimana dia selalu kenyangkan perutnya, maka ini berbahaya. Apa bahayanya..?!
Bahayanya menyebabkan :
– badannya berat
– syahwatnya kuat
– ibadahnya lemah

Imam Syafi’i rohimahullah berkata:

‎إن الشبع يثقل البدن

‘kenyang itu membuat berat badan’

ويقسَّي القلب

‘membuat hati keras’

و يز يل الفطنة

‘dan menghilangkan kecerdasan’

و يَجلب النَّوم

‘dan mendatangkan ngantuk’

و يضعف صاحبه عن العبادة

‘dan membuat pelakunya berat atau lemah dari ibadah’

(Dalam kitab Manaqib Imam Syafi’i halaman 106)

Maka ketika seseorang berlebihan dalam makan akan menimbulkan hal seperti itu.

⚉   Ada lagi orang yang berlebihan dalam berbicara, ngobrol sampai habis waktunya untuk hal-hal yang tidak ada manfa’atnya, akhirnya memalingkan ia dari banyak sekali hal-hal bermanfa’at (ibadah, zikir dan yang lainnya).

⚉   Ada orang yang berlebih-lebihan dalam nonton bola.. akhirnya terkadang jatuh kepada perbuatan yang tidak baik seperti menonton aurat, melihat aurat tentu ini tidak boleh atau setidaknya ia melalaikan perkara yang lebih bermanfa’at dari itu, apalagi ia melalaikan yang wajib.
Maka itu menjadi wasilah menuju yang haram, maka itu tidak boleh, haram hukumnya.

⚉   Atau orang yang misalnya terlalu banyak tidur.. inipun juga sangat tidak baik sekali.

👉🏼   Yang jelas.. berlebih-lebihan dalam melakukan perbuatan yang mubah, ini perkara yang menghalangi banyak diantara kaum muslimin dari melaksanakan sesuatu yang lebih bermanfa’at. Akhirnya dia terhalang dari banyak kebaikan.

⚉   Orang yang lebih asyik misalnya dengan menonton film di youtube, akhirnya ia habis waktunya untuk itu, lalu kemudian terpalingkan hatinya dari membaca Alqur’an, sehingga Alqur’an menjadi sesuatu yang tidak asyik lagi di hatinya.
Lebih dalam film-film tersebut banyak sekali kemungkaran-kemungkaran-nya.

⚉   Orang yang lebih asyik yang ngobrol di ‘whatsapp’ itu lebih asyik bagi dia dari pada membaca kitab-kitab yang bermanfa’at. Orang yang lebih asyik dengan media sosial.. akhirnya itu bagi dia lebih mengasyikkan di hatinya daripada menghasilkan ilmu yang bermanfa’at.

Tentu ia akan terhalang dari banyak kebaikan dan kebenaran.
.
Wallahu a’lam 🌴
.
.
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى.
.
Dari kitab yang berjudul Showarif ‘Anil Haq“, tentang Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran, ditulis oleh Syaikh Hamd bin Ibrohim Al Utsman, حفظه الله تعالى.
.
Silahkan bergabung di Telegram Channel dan Facebook Page :
https://t.me/aqidah_dan_manhaj
https://www.facebook.com/aqidah.dan.manhaj/

Artikel TERKAIT :
⚉   PEMBAHASAN LENGKAP – Showarif ‘Anil HaqHal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari KEBENARAN
⚉   PEMBAHASAN LENGKAP – Al IshbaahManhaj SALAF Dalam Masalah TARBIYAH dan PERBAIKAN

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.