Kabar Gembira Bagi Yang Bertaubat

Allah Ta’ala berfirman:

إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا .

“kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu keburukan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang..” (Al Furqan: 70)

Rosulullah Shollallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن الله يحاسب عبده يوم القيامة فيعرض عليه صغار ذنوبه، ويخبئ عنه كبارها. فيقال:عملت كذا وكذا، وعملت كذا وكذا، ‏فيقول:نعم،وهو مشفق من كبار ذنوبه.
‏فيقال له:فإن لك مكان كل سيئة حسنة. فيقول:رب، قد عملت أشياء لا أراها هاهنا

Allah akan menghisab seorang hamba-Nya pada hari kiamat. Allah akan menampakkan kepadanya dosa-dosa kecilnya dan menyembunyikan dosa dosa besarnya..

Lalu dikatakan kepadanya, “Kamu dahulu melakukan ini dan itu..”
Si hamba berkata, “Benar” dan ia amat ketakutan dengan dosa-dosa besarnya.

Lalu dikatakan, “Buat kamu kebaikan pada setiap kesalahan yang kamu lakukan..”
Si hamba berkata, “ya Robbi, dahulu aku pernah melakukan dosa-dosa. Kok aku tidak melihatnya di sini..?”

Perawi hadits berkata, “Aku melihat Rosulullah Shollallaahu ‘alaihi wa sallam tertawa sampai terlihat gigi gerahamnya..”

(HR Muslim)

Si hamba tersebut tidak melihat dosa-dosa besarnya karena ia telah bertaubat darinya sehingga Allah gantikan dengan kebaikan…

Namun ini bagi yang istiqomah di atas taubatnya sampai akhir hayatnya..

Ditulis oleh,
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.