Keutamaan Sholat Sunnah Dhuha Yang EMPAT Roka’at


Terkait jumlah roka’at sholat Dhuha, minimalnya adalah dua roka’at sedangkan maksimalnya adalah tanpa batas, menurut pendapat yang paling kuat (Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rohimahullah dalam Syarh Al Arba’in An Nawawiyah,hal. 289)..
.
Jadi boleh hanya dua roka’at, boleh empat roka’at, dan seterusnya asalkan jumlah roka’atnya genap, dan setiap 2 roka’at diakhiri dengan salam..
.
setelah itu baca do’anya sebanyak 100x.. jangan lupa adab berdo’a yaitu memulainya dengan memuji Allah dengan nama-nama-Nya yang Agung, contoh : Yaa Hayyu yaa Qoyyuum..
.
lalu membaca sholawat, contoh : Allaahumma sholli wa sallim ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad.. lafazh sholawat yang utama adalah lafazh sholawat yang kita baca saat tasyahud dalam sholat
.
lalu berdo’a sebanyak 100x (lihat lafazh do’a nya di poster no 2) setelah sholat sunnah Dhuha..
.
SHOLAT DHUHA EMPAT ROKA’AT DAN KEUTAMAANNYA
.


apa yang dimaksud dengan kalimat dalam hadits yaitu ” mencukupimu di akhir siang..?”
.
At-Thibi rohimahullah berkata, “Yaitu engkau akan diberi kecukupan dalam kesibukan dan urusanmu, serta akan dihilangkan dari hal-hal yang tidak disukai setelah engkau shalat hingga akhir siang. Yang dimaksud, selesaikanlah urusanmu dengan beribadah pada Allah di awal siang (di waktu Dhuha), maka Allah akan mudahkan urusanmu di akhir siang..” (Tuhfah Al-Ahwadzi, 2: 478).

Al-Munawi rohimahullah menjelaskan maksud kalimat “akan dicukupi di akhirnya” adalah “akan diselamatkan dari cobaan dan musibah di akhir siang..” (Faidh Al-Qadir 4: 615)
.
Wallahu a’lam

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.