Agar Dicintai Allah

Saudaraku, untuk berjalan menuju Allah ada tangga bertingkat-tingkat yang dijalani oleh sang hamba. Tangga level tertinggi yang dapat dijangkau hamba namanya tangga mahabbah. Level dimana hamba telah menjadi kekasih Allah, Tuhan Yang Maha tinggi lagi Maha Perkasa.

Setiap kita bermimpi untuk meraih level tersebut tentunya, betapa tidak, bagaimana rasanya jika kau dikenal, dicintai dan dekat dengan orang nomer satu di negerimu, sebut saja raja atau presiden, pastilah hatimu berbunga-bunga dan semua orang akan iri padamu dengan kedekatanmu padanya, maka bagaimana pula bila engkau dekat dengan pencipta alam semesta, dicintainya, dikasihinya, dibelanya..?

Dalam kitab Madarijus Salikin, Ibnul Qayyim menyebutkan 10 sebab yang menyebabkan seorang hamba memperoleh level mahabbah ini;

1. Banyak membaca Alquran diiringi dengan tadabbur, pemahaman terhadap apa yang kau baca, melakukan perintahnya, menjauhi larangannya, membenarkan beritanya.

2. Memperbanyak ibadah sunnah setelah melakukan segala yang Allah wajibkan.

3. Memperbanyak zikrullah dengan segenap lisan, hati dan fikiran, dengan mengamalkan zikir-zikir yang datang dari Nabi, baik berupa zikir pagi dan sore, zikir bangun tidur, zikir mau makan , masuk rumah, dst..

4. Mendahulukan apa yang diridhoi dan dicintai Allah dari apa yang kau cintai dan gandrungi manakala antara keduanya bertemu.

5. Menyelami samudera keindahan nama-nama dan sifat-sifat Allah, bak kata pepatah ”tak kenal maka tak sayang”, maka semakin kau kenal dari nama-nama dan sifat-sifatnya yang dia jelaskan dalam kitab dan sunnah NabiNya, kau akan bertambah cinta padaNya semakin meresapi arti penghambaan yang sebenarnya. Jalur inilah yang telah berusaha dipotong oleh Ahlul kalam, jahmiyyah dan muktazilah, firauninyyah.

6. Meresapi di dalam hati dan mengakui betapa luasnya rahmat dan pemberian Allah pada hamba, betapa deras curahan karunia dan rezekiNya yang tak terbilang. Bilamana diceritakan ada orang yang baik dermawan, berakhlak mulia, maka hatimu kan mencintainya walaupun mungkin belum bertemu dengannya, bagaimana pula dengan Zat yang segala kebaikan yang ada padamu datang dariNya..?

7. Merintih dan menghinakan dirimu dihadapan kebesaranNya, menampakkan kekerdilanmu dan kenaifan dirimu dihadapan kesempurnaanNya.

8. Berkhulwat menyendiri bersama Allah disepertiga malam terakhir, di waktu nuzul ilahi ke langit dunia.

9. Bermajlis dengan orang-orang sholeh yang memilah-milah perkataan baik dari yang buruk sebagaimana petani kurma dan anggur mensortir panen mereka.

10. Menjauhkan segala yang menjadi penghalang hati menuju Allah, dari segala yang melalaikan hamba, pada saat ini hp dan gadged-lah penghalang terbesar bagi hati untuk sampai kepada Allah.

Inilah sobat tips meraih kecintaan Allah, mari bersama kita resapi dan coba praktekkan, semoga saja Allah menyampaikan kita pada tangga mahabbah ini, amin ya Rabb.

—————
Batam, 24 Shafar 1443/2 Okt 2021

Ditulis oleh,
Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan MA, حفظه الله تعالى

ref : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=4483197851727017&id=100001105385773&sfnsn=wiwspwa

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.