Cara Bersedekah Dengan Harapan Penyakitnya Sembuh

Oleh Ust. M Wasitho, حفظه الله تعالى
•» TANYA «•

Bagaimana cara sedekah dalam rangka untuk mengobati penyakit yang diderita ?

•» JAWAB «•

Bismillah.

Cara bersedekahnya yang benar, sah dan diterima Allah -in syaa Allah- adalah sebagai berikut:

1. Ketika memberikan sedekah, niatnya ikhlas karena mengharap pahala dan ridho Allah semata. Tanpa ada sedikitpun keinginan riya’ (pamer dan ingin dipuji oleh orang lain), atau ingin mendapatkan timbal balik dari orang yang diberi sedekah.

2. Ketika bersedekah ia berdoa dan berharap hanya kepada Allah Ta’ala agar penyakitnya sembuh, dan diberi kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya, serta dosa-dosanya diampuni.

3. Menyalurkan sedekah kepada orang-orang yang berhak menerimanya, seperti: Fakir dan miskin, orang yamg terlilit hutang, para mujahid fi sabilillah baik yang berada di medan jihad maupun di medan dakwah, para penuntut ilmu yang tidak punya bekal (uang) untuk kebutuhan makan, pakaian, kitab dsb.

Atau bisa juga menyalurkan sedekah ke tempat-tempat yang baik dan di jalan yang dicintai Allah, seperti: Pembuatan sumur untuk kepentingan kaum muslimin, panti asuhan anak yatim piatu, pembangunan masjid dan pesantren yang berdiri di atas aqidah dan pemahaman yang lurus, serta ibadah yang benar sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

4. Bersedekah dengan harta yang baik lagi HALAL. Hal ini karena Allah tidak menerima harta haram yang disedekahkan oleh hamba-Nya.

Bersedekah dengan cara seperti ini, in syaa Allah dapat menyembuhkan penyakit, mendatangkan keberkahan pada rezeki dan umur pelakunya, serta mendapat pahala yang besar dan ridho Allah Ta’ala.

Wallahu a’lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

– – – – – •(*)•- – – – –

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.