1253. Memperdengarkan Musik Klasik Ke Janin

1253. BBG Al Ilmu – 227

Tanya:
Saat ini istri saya sedang hamil, dan saya mendapatkan masukan dari teman-teman, kerabat dan sebagainya untuk memutarkan musik klasik untuk janin yang ada di rahim istri saya, untuk meningkatkan tingkat kecerdasan anak saya nanti. Saya bingung pak, mohon bimbingannya.

Jawab:
Ust. Rochmad Supriyadi, Lc حفظه الله تعالى

Saran yang demikian adalah saran yang menyesatkan, karena musik dalam ajaran agama islam adalah diharamkan, sebagaimana dalam firman Allah Ta`ala QS Luqman : 6 , “Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.”
Para ulama menafsirkan “Perkataan yang tidak berguna” itu adalah musik dan nyanyian. Sesuatu yang Allah haramkan tidak dapat mencerdaskan bagi siapapun. Jikalau mitos yang demikian di anggap benar, maka lebih utama bagi nya untuk mendengarkan ayat-ayat Al Quran. Semoga ini dapat menjadikan pencerahan.

والله أعلم بالصواب

⌣̊┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈⌣̊

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.