Tj Ciri Diterimanya Taubat

191. BBG Al Ilmu – 199

Pertanyaan:
Apakah dosa2 kita sebelum bertobat juga dihisab dihari akhir nanti ? Apakah dosa2 itu dihapus bila tobat kita diterima ? Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa tobat kita diterima?

Jawaban:
Ust Fuad Hamzah Baraba’ Lc

Agar taubat seseorang itu diterima, maka dia harus memenuhi beberapa syarat diantaranya:
(1) Menyesal,
(2) Berhenti dari dosa, dan
(3) Bertekad untuk tidak mengulanginya.

Jika memenuhi syarat2 diatas, insya Allah Allah Subhana Wa Ta’ala akan menerima taubat kita.

Adapun mengenai dosa2 kita diperlihatkan atau tidaknya, Allahu Ta’ala a’lam, karena ada kemungkinan dosa2 tersebut tidak diperlihatkan lagi namun ada kemungkinan juga orang yang berdosa ditunjukkan amalan2 buruknya untuk kemudian diperlihatkan amalan2 baiknya yang menghapus keburukannya.

Mengenai bagaimana kita tahu apakah taubat kita diterima, biasanya ditandai dengan kecondongan yang kuat untuk beribadah lebih banyak dan menyesali perbuatan yang lalu.
Apabila Allah Ta’ala menghendaki kebaikan bagi hamba-Nya, maka Allah bukakan pintu taubat baginya dan memudahkan baginya melakukan amalan2 baik.Dalam Al Qur’an surat Al Maidah/27, Allah berfirman
إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللهُ مِنَ الْمُتَّقِيْنَ
“Sesungguhnya Allah_hanya menerima dari orang-orang yang bertakwa.” (QS.Al Maidah : 27).

Orang tersebut sudah tidak lagi melakukan dosa2, senantiasa khawatir, takut, menangis, menyesal dan merasa malu kepada Robbnya, mengajak orang untuk menghindari dosa, dll.
والله أعلم بالصواب

»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.