HAL-HAL Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari KEBENARAN – Penghalang Ke-19

Dari kitab yang berjudul Showarif ‘Anil Haq, tentang Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran, ditulis oleh Syaikh Hamd bin Ibrohim Al Utsman, حفظه الله تعالى.
.
PEMBAHASAN SEBELUMNYA (Penghalang yang ke 18) bisa di baca di SINI

=======

🌿 Penghalang yang ke 19 🌿

Diantara perkara yang menghalangi seseorang dari kebenaran yaitu…

⚉   Keadaan orang yang menyampaikan kebenaran [ حال المتكلم بالحق ]

Maksudnya.. terkadang orang yang menyampaikan kebenaran itu jatuh misalnya kepada sebagian dosa besar.
Gara-gara itu, karena yang menyampaikan kebenaran ini ternyata jatuh kepada dosa besar, maka orang-orang menjadi lari darinya. Dan orang-orang itu tidak mau menerima apa yang ia sampaikan walaupun itu kebenaran.

Oleh karena itulah.. orang-orang benci kepada kebenaran.
Diantara cara mereka untuk menghalang-halangi manusia dari kebenaran, yaitu mencari-cari kesalahan orang yang menyampaikan kebenaran tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Fir’aun ketika di dakwahi oleh Nabi Musa ‘alaihish-sholatu wassalam kepada Tauhid, apa kata Fir’aun kepada Nabi Musa ?! Allah berfirman [QS Asyu’ara : 18-19]

أَلَمْ نُرَبِّكَ فِينَا وَلِيدًا وَلَبِثْتَ فِينَا مِنْ عُمُرِكَ سِنِينَ
‎وَفَعَلْتَ فَعْلَتَكَ الَّتِي فَعَلْتَ وَأَنْتَ مِنَ الْكَافِرِينَ

“Bukankah kami sudah membesarkan kamu semenjak kecil dan kamu tinggal kepada kami pada waktu yang panjang, lalu kamu melakukan perbuatan kamu itu”

Maksudnya yaitu: Nabi Musa waktu itu pernah memukul salah satu kaumnya Fir’aun sampai mati. Maka Fir’aun pun mengingatkan hal itu, menyebutkan hal itu bahwa Nabi Musa melakukan perbuatan itu,

Allah mengatakan:

‎وَفَعَلْتَ فَعْلَتَكَ الَّتِي فَعَلْتَ وَأَنْتَ مِنَ الْكَافِرِينَ

“Kalau kamu melakukan perbuatan yang kamu telah perbuat tersebut, dan kamu termasuk orang-orang kafir waktu itu.”

Disini Fir’aun sengaja menyebutkan kesalahan Nabi Musa terdahulu untuk menghalang-halangi manusia dari menerima dakwah beliau.

Persis seperti di zaman ini, dimana di zaman ini, orang-orang yang benci kepada kebenaran berusaha mencari-cari ucapan atau perkataan atau kesalahan-kesalahan seorang ustadz yang menyampaikan kepada kebenaran lalu di viralkan.
Tujuannya apa ?
Supaya membuat orang lari dari ustadz tersebut, agar orang tidak mau menerima kebenaran tersebut.

Padahal kalau kita mencari kesalahan semua orang, setiap orang pasti akan ada kesalahan.

Maka dari itulah pernah orang-orang Mesir datang kepada ‘Umar bin Khothhob rodhiyallahu ‘anhu.
Diceritakan oleh Al Hasan Al Basri rohimahullah bahwa ada orang-orang datang kepada Abdullah bin ‘Amr di Mesir dan berkata: Kami menemukan dalam Alqur’an perkara-perkara yang di perintahkan untuk diamalkan, tapi banyak orang Islam yang tidak mengamalkan”.

Kami ingin bertemu dengan Amir al-Mu’minin, lalu kemudian orang-orang Mesir itu pergilah kepada ‘Umar, kemudian ‘Umar pun mengumpulkan mereka, kemudian ‘Umar berkata kepada mereka orang-orang mesir itu, “Aku mau tanya kalian, apakah kalian sudah membaca Alqur’an ? Seluruhnya ?”.
Kata mereka, “Sudah”
Kata ‘Umar, “Apakah kalian sudah mengamalkan semua pada diri kalian ?”
Kata mereka, “Tidak”
Kata ‘Umar, “Apakah kamu sudah mengamalkan dalam matamu, dalam lafazmu, dalam kehidupanmu sehari-hari ?” Maka mereka pun diam.”

(Kisah tersebut dikeluarkan oleh ath-Thobariy dalam kitab Jaami’ul Bayaan, dan Ibnu Katsir mengatakan sanadnya shohih.)

Maksudnya bahwa orang yang membawa kebenaran pasti tidak lepas dari kesalahan, suatu ketika ia akan jatuh kepada dosa kecil ataupun dosa besar bahkan.., tapi ketika ia berusaha untuk bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, tentu itu kebaikan buat dia, namun kemudian orang yang tidak suka, berusaha mencari kesalahan-kesalahan tersebut untuk diviralkan dengan tujuan supaya manusia lari dari pembawa kebenaran tersebut.
Allahulmusta’aan

Ini adalah salah satu tata cara iblis dan bala tentaranya menghalang-halangi manusia dari kebenaran.
.
Wallahu a’lam 🌴
.
.
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى.
.
Dari kitab yang berjudul Showarif ‘Anil Haq, tentang Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran, ditulis oleh Syaikh Hamd bin Ibrohim Al Utsman, حفظه الله تعالى.
.
Silahkan bergabung di Telegram Channel dan Facebook Page :
https://t.me/aqidah_dan_manhaj
https://www.facebook.com/aqidah.dan.manhaj/

Artikel TERKAIT :
⚉   PEMBAHASAN LENGKAP – Showarif ‘Anil HaqHal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari KEBENARAN
⚉   PEMBAHASAN LENGKAP – Al IshbaahManhaj SALAF Dalam Masalah TARBIYAH dan PERBAIKAN

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.