Ikut Arofah..

Mereka yang berpendapat bahwa puasa arofah harus ikut arofah berdalil dengan lafadz hadits: puasa hari arofah…dst
.
Namun menurut ana pendalilan tersebut adalah lemah. Coba antum fahami hadits: puasa hari arofah menghapus dosa setahun dan sesudahnya..
.
Nabi mengatakan itu dimana ? di Madinah.
.
Apakah Nabi menunggu nunggu waktu orang orang wuquf di arofah atau nabi melihat hilal sendiri ? padahal bisa saja nabi menerima berita dari mekkah kapan mulai dzulhijjah di sana.
.
Ketika nabi tidak menanyakan hal itu dan tetap melihat hilal sendiri, menunjukkan bahwa hilal tetap yang menjadi acuan.
terlebih Allah berfirman:
.
يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَهِلَّةِ ۖ قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ
.
“Mereka bertanya kepadamu tentang hilal, katakan ia adalah waktu waktu untuk manusia dan haji.” (AlBaqoroh: 189)
.
Dan hilal itu berbeda antara suatu negara dengan negara lain atas pendapat yang rojih. Wallahu a’lam.
.
Yang jelas ini adalah masalah khilafiyah yang tak perlu saling memaksakan pendapat. Namun pintu diskusi tetap terbuka.
.
Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, حفظه الله تعالى

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.